Melahirkan dan Merawat 3 Bayi di Kala Pandemi

Jika ingin memperdalam ilmu SEO dan mendapatkan passive income apa yang kamu lakukan?

Saya memilih untuk mulai melahirkan dan merawat bayi di kala pandemi ini.

Bayi apa ini? Apa itu SEO?

Kamu bisa mendapatkan pemahaman dasar di salah satu bayi yang sedang saya rawat. Lanjutkan baca sampai bawah untuk memahami bayi ini.

Bagaimana cara mendapatkan passive income?

Ada banyak cara.

Cara yang saya pakai disini adalah dengan melahirkan dan merawat bayi saya hingga berkembang dan dapat dijadikan media yang menampilkan iklan, menjual produk orang lain atau yang biasa disebut afiliasi hingga mungkin nanti akan membuat produk sendiri. Produk digital ataupun fisik.

Bayi pertama namanya belajardm. Bayi ini akan memiliki pengetahuan seputar digital marketing dan bisnis secara umum. Ketika sudah besar, saya harap bayi ini nanti akan memberikan banyak manfaat bagi orang yang ingin belajar digital marketing.

belajar digital marketing

Bayi kedua namanya zeicei. Dia adalah renkarnasi dari bayi yang memiliki pengetahuan mengenai banyak film, dan sudah diketahui oleh raja Google. Sehingga sejak awal renkarnasinya ke dalam bentuk baru, banyak orang yang telah mengunjunginya. Zeicei akan saya besarkan menjadi media dalam bahasa inggris yang memberikan referensi untuk mengelola website menggunakan worpdress. Pengetahuan yang saya berikan ke dalam zeicei sebenarnya adalah pengetahuan lama yang sudah dilupakan oleh google. Tahun 2015 beberapa pengetahuan itu sudah digunakan oleh bayi saya yang sudah mati, namanya wordpresskid.

Bayi yang ketiga dutamasyarakat. Bayi ini memiliki banyak kenalan sebelumnya. Ya, bayi ini juga merupakan renkarnasi. Diambil dari nama terkenal sebuah media religi. Bayi ini kini sudah menjadi sebuah media keuangan. Saya juga akan membagikan pengalaman saya yang masih sedikit dalan mengelola keuangan pada bayi ini.

Banyak keuntungan ketika kamu mengambil nama bayi dengan nama yang sebelumnya sudah pernah dipakai. Paling penting sudah mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi di banding nama baru. Bonus jika masih ada yang mengunjunginya.

Masih bingung dengan apa yang saya umpamakan sebagai bayi?

Baiklah, akan saya jelaskan.

Bayi pada tulisan ini maksudnya adalah sebuah website. Sementara nama bayi adalah domain. Saya menggunakan deleted domain yang sudah memiliki da/pa yang bagus oleh sebab itu saya sebutkan juga diatas mempunyai tingkat kepercayaan yang lebih tinggi.

Nama baru atau domain baru yang belum pernah dipakai sama sekali, belum punya tingkat kepercayaan dari search engine. Sederhananya itu.

Deleted domain bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi karena sebelumnya sudah pernah aktif. Banyak dikutip linknya oleh website lain. Sebagian masih terindex oleh search engine google.

Tentu saya tidak merawat ketiga bayi ini sedirian. Semoga saya bisa memberikan informasi mengenai pertumbuhan bayi-bayi ini dan bagaimana cara merawat mereka. Saat ini sekian dulu ya.

Semua orang patuh pada impiannya masing-masing

Hari ini saya mengikuti workshop tim management. Pematerinya berasal dari salah satu software agency besutan anak fasilkom UI. Materi yang di jelaskan diambil dari Google Developer Launchpad Leaders Lab, Dewa Eka, HR AHM, dan Mardigu WP.

Salah satu prinsip yang dia paparkan adalah mengenai manusia yang hanya patuh pada impiannya masing-masing. Manusia tidak mau tau terhadap mimpi orang lain ataupun organisasi. Oleh karena itu demi mendapatkan hasil yang maksimal dari orang lain sebagai sumber daya organisasi, strategi yang perlu disusun pertama adalah mengenai bagaimana menyelaraskan misi organisasi kepada masing-masing individu.

Prinsip ini juga disampaikan oleh Dale Carnegie pada bukunya. Ketika kita mengetahui dan dapat menyelaraskan impian orang lain dengan misi organisasi. Niscaya sumber daya manusia, bukan lagi persoalan. Setiap orang yang sudah selaras akan memberikan performa secara maksimal. Karena semua orang patuh pada impiannya masing-masing.

Baca, Baca dulu, Baca Lagi.

Baca, Baca dulu, Baca Lagi.

Karena baca sekali saja tidak cukup. Meskipun sudah membaca secara seksama. Pemahaman yang kita terima dipengaruhi oleh kondisi pengetahuan kita. Bisa jadi ketika membaca yang kedua kalinya, pemahaman kita menjadi sama sekali lain. Karena telah mendapatkan pengetahuan baru sebelum membaca. Sehingga ketika membaca lagi, pemahaman kita berbeda.

Pengalaman diterima kuliah di Universitas Indonesia dari anak FIB UI

Semester 8 sudah terlewati. Jika saya mengikuti kuliah dengan wajar pada semester 8 ini harusnya sudah mencapai tahap akhir. Sejauh ini sudah ada 3 orang yang lulus di semester ini pada program studi yang saya ambil yaitu Arkeologi di Kampus FIB UI. Pelan-pelan saya kembali menarik mundur ingatan ke masa awal perkuliahan. Satu waktu di tahun 2015 saya pernah membuat tulisan mengenai kuliah jurusan Arkeologi di Universitas Indonesia. Selain itu dulu ketika masa orientasi saya diminta untuk membuat satu narasi. Pengalaman diterima di UI diminta untuk dituangkan ke dalam bentuk narasi. “Memasuki Dunia Arkeologi” adalah judul dari narasi yang saya buat untuk memenuhi tugas orientasi. Samar-samar ingatan saya, mungkin ini diminta ketika sedang mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan singkatan OKK UI. Berdasarkan keterangan modified date tulisan ini terakhir diedit pada tanggal 2 agustus 2015.

Memasuki Dunia Arkeologi

Diterima di Universitas Indonesia merupakan suatu anugrah yang luar biasa dan prestasi yang membanggakan bagi saya. Teringat pada saat pertama kali saya menginjakkan kaki di Universitas Indonesia yaitu saat diadakannya UI Opendays 2015, ini adalah kali pertama saya mengunjungi PTN, saya kagum melihat betapa luasnya Universitas Indonesia dengan berbagai macam kehidupan di dalamnya. Sebelum pulang teman-teman saya mengabadikan momen didepan perpustakaan pusat UI, namun saya menolak untuk ikut bernarsis ria, karena menurut saya ini bukanlah waktu dan tempat yang tepat. Saya masih ingat salah satu teman saya mengatakan bahwa saya akan menyesal tidak berfoto di UI. Akan tetapi pendapat tersebut langsung saya sanggah, kurang lebih saya mengatakan bahwa nanti juga saya akan kembali dan sering ke UI. Selanjutnya teman saya meragukan kepercayaan diri saya, saya hanya membalasnya dengan sedikit tertawa. Dalam benak saya, kelak saya pasti akan jadi bagian dari mereka, Mahasiswa UI.

Waktu pun terus berjalan, hingga pada hari pengumuman SBMPTN pun tiba. Saya sangat bangga dengan hasilnya, yang menyatakan bahwa saya diterima di Universitas Indonesia program studi Arkeologi Indonesia. Arkeologi merupakan pilihan kedua saya saat SBMPTN, saya memilihnya karena saya memiliki sedikit ketertarikan dengan sejarah Indonesia. Indonesia memiliki banyak sejarah kehidupan yang belum terungkap. Hal tersebut merupakan suatu tantangan yang ingin saya selesaikan. 

Walaupun saya masih sangat awam dengan Arkeologi, saya yakin dapat mempelajarinya dengan baik dan benar. Mengungkap sejarah yang belum terungkap, Melestarikan kebudayaan, Meneliti benda –benda purbakala, itulah sebagian pikiran saya tentang Arkeologi saat ini. Target saya adalah lulus sarjana tepat waktu dengan IPK diatas 3.20 kemudian melanjutkan ke program pascasarjana Arkeologi dengan peminatan Arkeologi Prasejarah.

Meskipun kuliah jurusan Arkeologi, saya memiliki minat yang besar terhadap kewirausahaan, pemasaran, dan IT khususnya pengembangan Website. Saya juga memiliki  pengalaman dibidang kewirausahaan , dan hingga saat esai ini ditulis saya masih bekerja sebagai website developer di sebuah toko ritel online yaitu toko49.com. Namun saya sangat minim pengalaman dalam organisasi. Oleh karena itu saya ingin bergabung dan mengikuti organisasi yang ada di Universitas Indonesia, agar dapat meningkatkan kemampuan, menambahkan relasi dan menjalin silaturahmi dengan mahasiswa UI lainnya.

Saya berharap dapat berkolaborasi membangun suatu usaha dengan sahabat mahasiswa UI lainnya, serta mengikuti organisasi yang berhubungan dengan kewirausahaan dan IT  dan ikut berkontribusi didalamnya. Membuat suatu aplikasi yang dapat memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang Arkeologi Indonesia merupakan salah satu keinginan saya.

Mencari, Menemukan, Meneliti, dan  Mengungkap sejarah baru, serta ikut melestarikan kebudayaan adalah cita – cita saya selama dan setelah menempuh pendidikan jurusan Arkeologi di Universitas Indonesia.

Dunia Arkeologi memang sangat baru bagi saya, dan masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa luasnya dunia Arkeologi sehingga dipandang sebelah mata. Keraguan mereka tidaklah berarti bagi diri saya, kelak saya akan menunjukkan kepada mereka bahwa saya mampu berprestasi di dunia Arkeologi. 

1440442671036

___________

Hingga hari ini saya cukup menikmati kuliah sebagai mahasiswa arkeologi yang begitu asyik. Beberapa hari ke depan tulisan ini sudah empat tahun. Sedikit mengulas tulisan saya diatas. Gagasan dalam tulisan belum sepenuhnya tercapai dan beberapa ada yang berubah. Walaupun ada beberapa gagasan yang pelaksanaannya berubah namun secara prinsip masih sesuai. Contoh gagasan yang berubah adalah mengenai keinginan saya untuk aktif di organisasi kewirausahaan dan IT. Kenyataan ya ng terjadi hingga tulisan ini dibuat saya aktif dalam organisasi intra kampus yang banyak bergerak di bidang kegiatan alam bebas, pelestarian lingkungan dan pengabdian masyarakat.

Satu gagasan lain yang cukup relatif mengenai waktu kelulusan. Pada tulisan saya menyampaikan bahwa saya mempunyai target untuk lulus tepat waktu. Tepat waktu pada tulisan dibandingkan dengan kondisi saat ini menimbulkan sedikit pertanyaan untuk saya. Apa yang saya pikirkan ketika menulis “tepat waktu” dulu ya?

 

Menulis Blog, sekedar hobi atau sekaligus profesi?

Menulis merupakan kegiatan yang umumnya dilakukan oleh manusia hampir setiap hari. Apalagi untuk mahasiswa seperti saya, menulis merupakan kewajiban yang tidak bisa dihindari karena tuntutan tugas. Tidak ada aturan khusus untuk menulis, kecuali jika menulis dalam rangka menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan. Dalam menulis untuk tugas ataupun pekerjaan tentu ada kaidah-kaidah yang harus dipatuhi.

Bagi sebagian orang menulis merupakan satu pekerjaan yang amat sulit. Bagi sebagian yang lain, menulis boleh jadi merupakan kegiatan yang paling istimewa dan sangat menyenangkan. Menulis merupakan kebebasan berekspresi yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun dan dimanapun. Tiap tulisan merupakan rekayasa yang diciptakan penulis sesukanya baik sesuai kenyataan ataupun fiksi dengan tujuan tertentu.

Pada era digital ini, menulis tidak hanya di atas kertas tapi juga secara harfiah menulis berarti mengetik dengan perangkat komputer ataupun telepon genggam. Dengan kemajuan teknologi, tiap-tiap tulisan dapat dengan mudah tersebar. Jika zaman sebelum internet dapat diakses bebas, tulisan hanya dapat disebar melalui selebaran, koran, majalah atau buku. Kini untuk menyebarkan tulisan dapat dilakukan melalui berbagai macam kanal melalui internet. Penyebaran tulisan bisa dilakukan melalui social media ataupun blog.

Blog merupakan media yang biasanya digunakan untuk membagikan tulisan dengan kategori tertentu. Selain dimiliki oleh perusahaan sebagai media pemasaran, biasanya Blog juga dimiliki oleh orang-orang yang suka menulis dan membagikan pengetahuan ataupun pengalamanannya melalui internet. Tulisan-tulisan yang dibagian dalam Blog meliputi kegiatan hidup sehari-hari, perjalanan, hobi, tips dan trik ataupun sekerdar curahan hati.

Menulis blog merupakan hobi yang banyak ditekuni oleh anak millenials zaman now. Tapi tidak hanya sekedar hobi menulis Blog. Beberapa orang menulis blog untuk meningatkan citra diri ataupun menunjukkan kemampuan mereka. Ada juga yang mempunyai profesi sebagai penulis blog. Tidak hanya sebagai sampingan, Blog juga sering digunakan sebagai profesi utama untuk mencari uang. Ada banyak  cara yang bisa dilakukan oleh orang yang menulis blog untuk mencari uang yaitu dengan review produk, menampilkan iklan, ataupun afiliasi produk. Kalian bisa membaca tulisan saya mengenai afiliasi produk untuk mempelajari salah satu cara menjadikan menulis blog sebagai profesi. Selain itu jika memiliki kemampuan khusus berupa jasa, blog juga bisa menjadi sarana tambahan untuk menampilkan hasil jasa yang telah dikerjakan sebagai portfolio.

Selain menulis Blog kamu juga dapat melakukan hal lain jika ingin mendapatkan penghasilan dari internet. Menulis blog bisa jadi hanya hobi, ataupun sekaligus profesi tergantung dari keinginan teman-teman pembaca sekalian. Pilihan ada di tangan kamu!

 

Konversi mulai muncul di Adwords!

Kelas perkuliahan selesai lebih cepat hari ini. Sekitar 1 jam dari jam seharusnya kelar. Karena kemarin belum sempet lihat-lihat Adwords. Jadi, saya putuskan untuk memanfaatkan waktu ini untuk bekerja. Saya emang dapat kesempatan untuk kerja remote, karena lokasi dan waktu kuliah + kegiatan lain yang tidak memungkinkan jika harus setiap hari ke kantor.

 

Mulai dari buka time doctor dan langsung masuk ke akun Adwords Toko49.com. Scroll dan cek masing2 campaign, ada yang statusnya limited by budget, karena memang 5 hari yang lalu, saya mengecilkan lagi budget untuk ini, tujuannya sederhana aja untuk menekan pengeluaran di masa uji coba ini. Masuk lebih jauh ngecek tiap ad group, senang banget karena lihat 1 ad group ada yang CTRnya lebih dari 1% itu udah bagus banget karena rata2 CTR untuk kategori ini harusnya 0,7-0,8%.

ctr

Selesai cek masing-masing Ad Groups saya penasaran dan pengen lihat datanya lebih jelas sekalian buat laporan. Beruntung Google juga sudah punya platform untuk penyajian data ini, jadi ga perlu repot cari yang lain, namanya Google Data Studio.

conv

Ketika saya sedang mengatur tabel data untuk memunculkan dimensi dan metric apa saja yang ingin ditampilkan, saya baru sadar bahwa sudah ada konversi, bahkan kalau dihhitung dengan metrik view-through conversion sudah ada lebih dari 10 konversi. Senangnya mengetahui hal ini saya segera melaporkannya ke Pak Bos. Sempat kebingungan karena tidak ada metric revenue sehingga tidak terukur berapa konversi yang dihasilkan dalam bentuk rupiah. Namun kebingungan itu dituntaskan setelah melihat ke Google Analytics, disana terdapat metrik Adwords Revenue. Tetapi dari revenue ini masih harus dilihat apakah benar terjadi transaksi atau hanya abandoned cart. Ini pekerjaan selanjutnya, harus kumpulin data ads type apa yang terdapat konversi ini, placementnya dan lain lain yang belum terpikirkan. Lalu menganalisa data konversi adwords itu untuk meningkatkan performa campaign. Sekarang saatnya makan siang! Semoga ini bermanfaat ya

revenue lebi banyak

 

Kebhinekaan Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia: Perspektif Arkeologi

Indonesia merupakan Negara yang memiliki berbagai macam suku, bangsa  agama, dan ras yang tersebar di seluruh wilayahnya. Apa yang kita sebut disini sebagai “bangsa” adalah bangsa dengan kebudayaannya masing-masing, yang satu sama lain seringkali dihubungkan oleh kepentingan-kepentingan bersama dalam hal ekonomi maupun politik (Sedyawati, 1993:24).

Keragaman yang teradapat di Indonesia sudah berlangsung sejak masa prasejarah. Hal ini terlihat dari temuan tulang manusia pada Situs Binangun dan Situs Leran yang terdapat di kawasan Pantai Utara, Kabupaten rembang, Jawa Tengah. Hasil analisis yang dilakukan dari 23 sampel individu rangka manusia terdapat 4 sampel yang termasuk kelompok Mongoloid, 3 sampel kelompk Austro-melanesian, dan 2 sampel dikelompokkan sebagai “Gracile Group”. Dua sampel terakhir berdasarkan ciri-ciri fisik yang ramping kemungkinan adanya kelompok atau ras lain yang tinggal di kawasan Pantai Utara Jawa ini bersama ras Mongoloid dan Australo-Melanesian. Melalui analisis itu dapat diketahui bahwa sejak tahun 500 sebelum masehi di kawasan Pantai Utara Jawa khusunya antara Kecamatan Lasem dan Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang telah diokupasi berbagai ras.

Meskipun masyarakat Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku, bangsa agama dan ras, pada kehidupan sehari-harinya mereka dapat akur, karena kebhinekaan telah muncul dan disadari sejak masa prasejarah.  “Semboyan Bhineka Tunggal Ika” Menunjukkan ciri keragaman kehidupan bangsa Indonesia, yang sesungguhnyaa berarti: Justru karena berbeda-beda maka ia satu adanya (Mattulada, 1985:47).

Semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang menjadi dasar kebhinekaan di Indonesia berasal dari masa Majapahit. Diambil dari kitab Sutasoma pupuh 139 bait 5 yang berbunyi “Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa”. Kalimat yang ditulis oleh Mpu Tantular pada kitab Sutasoma itu merupakan cara menyatakan keanekaragaman kepercayaan dan keagamaan kala itu. Kalimat itu ditulis untuk menumbuhkan rasa semangat dan persatuan pada masa itu. Menurut saya, kebhinekaan dapat dikatakan telah diakui dengan adanya bukti tertulis ini. Meskipun masyarakatnya majemuk namun  mereka semua adalah satu. Bangsa Indonesia.

Selain itu terdapat keragaman agama yang dapat ditelusuri adalah dengan adanya keragaman agama pada Dinasti Sailendra. Hal ini ddapat terlihat pada penggambaran relief Karmawibangga yang terdapat gambaran pendeta hindu dan bhiksu Buddha. Penggambaran tersebut menunjukkan bahwa pada masa itu pun sudah muncul keragaman namun tetap pada satu kesatuan. Melalui keragaman agama itu dapat dilihat bahwa penguasa masa itu mempunyai sikap toleransi dalam kehidupan beragama.

Kemajemukan masyarakat sebagaimana yang ada di Indonesia adalah suatu keniscayaan yang tidak mungkin disangkal. Tidak ada cara lain bagi bangsa ini kecuali dengan berkomitmen kuat merawat keragaman menjadi sebuah kemungkin dan tidak mentolelir segala bentuk tindakan yang dapat menghancurkan tatanan masyarakat majemuk (Amirsyah 2012:51). Hingga pada masa munculnya Bangsa Indonesia sebagai sebuah Negara. Kemajemukan masyarakat indonesia ini terus ditelusuri dan kemudian ditemukan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyan ini kemudian dikristalisasi sebagai salah satu lambing Negara dengan dituliskan pada pita yang terdapat pada kaki lambang Garuda Pancasila.

Kesadaran untuk mengukuhkan “Bhineka Tunggal Ika” sebelum dikristalisasi sebagai lambang Negara telah dicetuskan dalam peristiwa sumpah pemuda pada tahun 1928. Pada hakikatnya sejak awal para founding fathers bangsa Indonesia telah menyadari akan keragaman bahasa, budaya, agama, suku dan etnis kita. Singkatnya bangsa Indonesia adalah bangsa multikultural, maka bangsa Indonesia menganut semangat Bhinneka Tunggal Ika, hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan persatuan yang menjadi obsesi rakyat kebanyakan (Mahfud 2009:10)

Persatuan dikembangkan atas dasar Bhinneka Tunggal Ika, dengan memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan bangsa (Kansil dan C. Kansil 2006:25). Dapat disimpulkan bahwa semboyan ini merupukan kunci permersatu Bangsa Indonesia di masa kini. Kesadaran tentang keragaman dan persatuan yang sudah muncul sejak dulu ini menjadi kunci untuk mewujudkan masayarakat majemuk yang saling toleransi dalam perbedaan-perbedaan yang ada.

Keberagaman budaya, etnis, bahasa, dan tradisi bangsa Indonesia telah muncul sejak masa prasejarah. Dengan mengangkat nilai-nilai kebhinekaan terhadap keberagaman yang ada merupakan satu cara untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Melalui hal ini masyarakat majemuk dapat mengetahui bahwa sejak dulu perbedaan-perbedaan yang ada tidak menimbulkan seteru. Masyarakat majemuk Indonesia hidup berdampingan dengan harmonis.

 

Daftar Pustaka

Santiko, H. 2013. “TOLERANSI BERAGAMA DAN KARAKTER BANGSA: PERSPEKTIF ARKEOLOGI” dalam SEJARAH DAN BUDAYA, Tahun Ketujuh, Nomor 1. Depok.

Kasnowihardjo, G. 2016. “KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN ARKEOLOGI DALAM PROGRAM ‘KEBHINEKAAN SEBAGAI PEMERSATU BANGSA’ ‘STUDI KASUS PADA SITUS KUBUR PRASEJARAH DI PANTAI UATARA JAWA TENGAH’”. Yogyakarta: Balai Arkeologi Yogyakarta.

Lestari, G. 2015. “BHINNEKHA TUNGGAL IKA: KHASANAH MULTIKULTURAL INDONESIA DI TENGAH KEHIDUPAN SARA” dalam Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Th 28, Nomor 1. Yogyakarta.

Cara mengetahui di website mana iklan Adwords kamu tampil

Tahu enggak? Pasti nggak tahu makanya kamu cari ini. Saya juga tadinya enggak. Enggak tahu gimana caranya biar tau website mana yang nampilin iklan adwords saya. Lalu setelah googling2 dengan keyword “how to know which website show my adword” akhirnya jadi tau deh. Sedikit cerita mengenai pekerjaan saya. Kalo bakal jadi banyak juga gapapa ya ceritanya. Sudah dari bulan september 2017 saya bekerja di perusahaan e-commerce di bilangan jakarta utara. Disini saya menangani Magento kalo ada yang mudah diperbaiki, kalau sulit maklum saja saya memang bukan programmer handal masih amatiran. Melalui pekerjaan ini adalah kali pertama saya ‘dipaksa’ menggunakan Magento. Panjang kalau mau cerita ini sih, karena bukan itu tujuannya dan agar tulisan ini tetap relevan langsung saja ya ke topik utama.

Berawal dari percakapan singkat, “Jazmi, kayaknya ga mau iklannya ditampilin di web berita semacam Det*k.com deh, disana kurang relevan sama produk2 kita, bisa tolong diaturin gitu.”

“Siap, pak! saya bisa segalanya!” Pikir saya. Hanya di pikiran. Sebenernya mah, “Oh, iya pak saya pernah tau tuh, di google adwords kita emang bisa nyesuain di web mana aja iklan ini bisa tampil dan ada web yang bisa kita exclude.”

“Iya, jazmi. kamu aturin deh, orang paling bakal ngeklik dari portal2 berita santai aja,” Ujar pak bos. Aku sih nurut aja.

Saya akhirnya mulai mengingat2 kembali. Namun, tetap tidak ingat! yasalam. Untung ada google, jadilah saya cari dengan keyword yang udah saya tulis diatas. Di halaman pertama saya langsung dapat sebuah laman yang menjelaskan dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Langkah pertama adalah membuka campaign di akun adwords kamu. Disini saya masih menggunakan UI adwords versi lama, karena yang baru masih beta dan sepertinya banyak bug.

Setelah membuka tab campaign, klik tab display network.

display network

Jika kamu telah memijit tab display network maka akan terlihat hasilnya seperti ini

cara tahu di website mana iklan adwords kamu tampil

Kwewrwewn. kamu sekarang udah tau deh dimana aja iklan adwords kamu udah tampil, berapa kali, berapa klik, ukuran2 ini nanti bisa kamu analisa untuk bikin campaign selanjutnya yang makin ok.

Nah, kalo diliat dari tugas saya masih nyisa gimana cara exclude url yang dimnta pak bos itu, kan? nantikan di post selanjutnya ya. Udah mau pulang kerja nih.

Ini sebenernya tulisan spontan karena saya dari dulu pengen banget berbagi, tujuannya selain berbagi biar makin nempel ilmunya di otak dan tidak mudah dilupakan. Semoga akan banyak tulisan-tulisan lain setelah ini atau bahkan screencast dan podcast!

Mencoba membaca buku Camus, Mati Bahagia.

Bunyi-bunyi berisik petasan pada malam tahun baru kemarin sempat mengganggu ketika tidur. 2017 belom lama habis. Terlewati. Dusta kalau saya bilang itu tidak terasa dan terlewati begitu saja. Banyak hal yang saya lakukan di tahun 2017 diluar rencana bahkan niat sekalipun. Salah satunya mengenai genre buku yang saya baca. Tahun ini walaupun tidak banyak, Saya mencoba membaca buku roman, sastra dan filsafat. Tidak pernah saya sebelumnya punya niatan untuk membaca buku sastra.

Menurut saya buku yang paling pantas dibaca adalah buku bisnis, pengembangan diri ataupun teknologi. Membaca buku dengan genre-genre itu sangat bermanfaat karena dapat langsung diterapkan. Sementara jika membaca sastra, entah apa yang akan kamu dapatkan. Membacanya sebentar saja dulu sudah bikin bosan. Itu pikir saya. Dulu. Namun, 2017 saya mencoba membaca buku roman, karena ingin tahu saja. Tidak banyak buku yang saya tuntaskan tahun ini. Pada akhir tahun kemarin saya baru saja menyelesaikan membaca La Mort heureuse yang merupakan karya albert camus. Buku ini, pada beberapa tulisan banyak dikatakan sebagai anti-filsafat ada juga yang menyebutnya sebagai filsafat berbulu sastra. Jujur saja, saya belum terlalu paham mengenai hal ini. Saya membeli buku ini karena judulnya menarik dan setelah dicari info tentang penulisnya ia merupakan orang yang terkenal di bidang kesusasteraan. Judulnya dalam bahasa Indonesia yaitu Mati Bahagia

Mati bahagia. Itulah judul buku ini dalam bahasa Indonesia. Terdiri dari 2 bab dengan jumlah 238 halaman. Buku ini menceritakan tokoh Patrice Mersault yang hidupnya mudah bosan, selalu gelisah dan terus mencari kebahagiaan. Mersault mempunyai beberapa hubungan dengan perempuan. Satu perempuan yang menjadi kekasihnya bernama Marthe. Mersault merupakan orang yang pencemburu. Ia sangat cemburu terhadap laki-laki lain yang sebelumnya pernah menjadi kekasih Marthe. Terlebih ketika ia mengetahui, Zagreus orang yang dikenalnya pernah menjadi kekasih Marthe. Bab 1 dipenuhi percakapan Zagreus dengan Mersault. Diakhiri dengan pembunuhan Zagreus oleh Mersault. Selanjutnya pada bab 2, Mersault banyak berpindah tempat sampai akhirnya kembali pulang ke aljir, aljazair. Rumahnya. Pada bab ini tampil bagaimana orang-orang di sekitar Mersault. Disini, banyak diceritakan interaksi Mersault di tempat asalnya itu. Tentu saja, Mersault masih mencari kebahagiaan yang belum ditemukan. Ia terus mencari sampai akhirnya menyadari untuk memperjuangkan kebahagiaannya sekuat tenaga dan menghadapi kebenaran yang mengerikan.

Buku ini banyak menceritakan soal kebebasan, kegelisahan dan ketakutan manusia selama hidup. Manusia tanpa dibatasi dapat benar-benar bebas. contoh saja tokoh Mersault yang sangat bebas, membunuh manusia, diperbudak nafsu seksual, dan menyiksa diri untuk mengentaskan kegelisahan. Usai membaca saya belum benar-benar mengerti apa yang dimaksud Mersault dengan kebahagiaan.