Tutorial – Cara Install WordPress pada CPanel melalui Softaculous

Sebelumnya saya sudah memberikan tutorial tentang cara install wordpress di localhost, nah pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial masih seputar instalasi wordpress yaitu cara install wordpress pada CPanel melalui Softaculous Apps Installer. CPanel merupakan control panel untuk hosting yang paling sering digunakan, dengan CPanel kamu dapat mengelola website kamu dengan mudah, didalam CPanel biasanya juga terinstal Softaculous yaitu sebuah aplikasi yang bisa dikatakan memiliki fungsi seperti installer, dengan Softaculous kamu dapat menginstal berbagai aplikasi / framework / CMS website dengan hanya beberapa klik.

Untuk menginstal WordPress melalui Softaculous, langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu masuk ke akun cpanel. Biasanya akun cpanel dapat diakses di domainkamu/cpanel.

Login ke cpanel dengan akun kamu, saya menggunakan theme cpanel paper lantern pada tutorial kali ini.

cpanel1

Setelah masuk ke cpanel, scroll hingga bagian paling bawah, disana akan terlihat softaculous, klik logo wordpress.

cpanel2

Halaman instalasi wordpress dengan softaculous akan tampil, kamu bisa melihat disitu deskripsi wordpress, versi installernya dan terdapat space yang akan digunakan untuk instalasi wordpress. Klik tombol Install

softaculous1

Maka akan muncul halaman setup yang berisi tentang informasi yang diperlukan untuk keperluan instalasi. Pada bagian software setup terdapat kolom protocol, domain dan directory. Kolom protocol mengatur protokol yang kamu gunakan, karena website saya sudah memiliki SSL maka saya bisa saja menggunakan protokol “https://” karena protokol tersebut hanya dapat berfungsi jika website kamu sudah terinstal SSL, namun pada tutorial kali ini saya akan menggunakan protokol “http://” saja. Pada Kolom domain, kamu dapat mengatur domain yang akan digunakan untuk instalasi wordpress, kamu bisa saja menggunakan subdomain yang telah kamu buat untuk menginstal wordpress, pada tutorial kali ini akan digunakan domain utama yaitu “fikselin.com”. Kemudian ada kolom directory, kolom ini berisikan di direktori mana wordpress akan di install, jika kamu mengosongkannya maka wordpress akan terinstall pada domain kamu, namun pada tutorial kali ini saya akan menginstal wordpress pada directory “wptutorial”, sehingga website wordpress yang saya instal bisa diakses melalui alamat “http://fikselin.com/wptutorial”. Kolom lainnya hanya berisi penjelasan akun dan nama yang akan digunakan untuk instalasi wordpress.

softaculous2

Scroll ke bawah, klik tanda tambah advance option, untuk melakukan setting lebih lanjut. Pada Advance option terdapat kolom untuk mengubah table prefix dan beberapa pengaturan seperti auto upgrade dan autobackup, biasanya setiap melakukan instalasi wordpress saya selalu mencentang opsi auto backup ‘once a week’ dengan rotas backup 3 kali, jadi setidaknya jika hal yang tidak diinginkan terjadi saya masih bisa me restore hingga 3 minggu ke belakang. Kamu juga bisa langsung memilih theme yang ingin kamu gunakan di setup ini. Setelah semua selesai kamu bisa klik tombol install.

softaculous2a

Tunggu beberapa saat, biasanya saya paling lama 1 menit, kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi telah sukses.

softaculous3

Selamat! Kamu telah berhasil menyelesaikan tutorial ini dan mengetahui cara install wordpress di CPanel melalui Softaculous Apps Installer 😀

Leave a Reply