Tutorial – Cara Install WordPress di Localhost

WordPress adalah salah satu CMS Open Source yang sangat mudah digunakan untuk sekedar membuat blog ataupun website professional. Karena salah satu tujuan dibuatnya website ini adalah untuk membagikan tutorial ataaupun informasi seputar wordpress, maka kali ini saya akan membagikan cara instal wordpress di localhost. Tutorial ini merupakan tutorial paling dasar, untuk mempelajari wordpress tentu diperlukan pengetahuan mengenai cara instalasinya. Sebelum menguploadnya ke hosting agar dapat diakses secara langsung melalui internet, biasanya suatu website dikelola dulu di localhost yang hanya bisa diakses melalui PC kita sendiri hingga website tersebut layak untuk diupload ke server hosting.

Pertama-tama saya akan menjelaskan cara singkat untuk meng instal XAMPP di windows 7. XAMPP adalah sebuah software yang akan membuat kita dapat mengakses localhost. XAMPP akan otomatis menginstal apache webserver, php, filezilla, mercury, tomcat, dan lainnya kita juga bisa menambahkannya dengan plugin tertentu. Namun untuk dapat meng instal dan mengakses wordpress melalui localhost kita hanya perlu mengaktifkan apache yang berfungsi sebagai webserver dan php yang merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam wordpress.

Untuk mendapatkan software XAMPP, kamu bisa mendownloadnya di situs resmi XAMPP download file sesuai dengan os yang anda gunakan. Kemudian instal XAMPP ke dalam PC kamu.

Setelah XAMPP terinstal di PC kamu, langkah selanjutnya adalah mendownload file wordpress melalui situs resmi WordPress, situs ini menyediakan CMS WordPress self hosting, berbeda dengan wordpress.com yang merupakan platform blogging yang diciptakan oleh wordpress. Dengan CMS WordPress Self Hosting kamu dapat membuat wordpress lebih dari sekedar platform blogging.

Jika sudah mengunduh file wordpress dalam bentuk zip, langkah selanjutnya adalah melakukan ekstrak pada folder wordpress. Setelahnya buka folder tersebut ke dalam folder XAMPP, jika tidak diubah directory file xampp yaitu pada C:\xampp. Pindahkan folder wordpress ke dalam folder htdocs atau pada directory C:\xampp\htdocs.

Jika langkah diatas sudah kamu lakukan maka kamu sudah dapat mengakses wordpress melalui localhost namun belum dilakukan konfigurasi. Untuk mencoba mengakses localhost, kamu bisa membuka software XAMPP Control Panel, kemudian pada module apache dan mysql kamu klik start. Setelahnya buka browser kamu dan masukkan url localhost, maka akan muncul halaman default dari XAMPP, untuk bisa mengakses wordpress kamu perlu memasukkan alamat localhost/wordpress. Alamat ini sesuai dengan nama folder wordpress yang kamu taruh di folder htdocs.

Saat kamu akses localhost/wordpress maka akan muncul halaman seperti dibawah ini

hal1 wordpress instal

Pilih bahasa inggris agar mudah diketahui. Kemudain kamu akan masuk ke halaman selanjutnya

hal 2 wp instal

Halaman ini berisi informasi bahwa wordpress memerlukan database untuk dapat membuat file wp-config.php, klik lets go. Akan muncul halaman seperti dibawah ini.

hal 3 wp instal

Kolom diatas berisi keterangan database yang akan digunakan oleh wordpress. Karena kita belum membuat database maka diamkan saja halaman ini, buka tab baru pada browser kamu buka alamat localhost/phpmyadmin untuk membuat database baru.

Pada halaman localhost/phpmyadmin klik new untuk membuat database baru. Setelahnya akan masuk ke halaman seperti dibawah ini.

phpmyadmin 1

phpmyadmin 2

Isikan nama database yang kalian inginkan pada kolom yang saya lingkari, pada tutorial kali ini saya menggunakan nama database wordpress. Jika sudah diberi nama lalu klik tombol create. Selanjutnya setelah diklik akan ada notifikasi, klik notifikasi tersebut untuk menghilangkannya.

Buka lagi tab instalasi wordpress isikan kolom yang ada seperti dibawah ini, kemudian klik submit

hal4 wphal5 wp

Pada halaman setelahnya kamu dapat mengklik run install, kemudian akan masuk ke dalam halaman yang berisikan kolom untuk administrasi website wordpress yang akan kamu instal. Kamu dapat mengisi kolom tersebut sesuai tutorial ini ataupun dengan keinginan kamu sendiri, pastikan setiap informasi akun yang kamu buat seperti username dan password disimpan ke dalam catatan yang aman agar tidak repot ketika lupa.

hal6 wp

Setelah semua terisi klik instal wordpress, dan dalam beberapa detik akan muncul halaman baru. Jika halaman ini telah mmuncul artinya wordpress telah sukses terinstal pada localhost dan kamu bisa langsung login dengan mengklik tombol login ataupun mengakses website kamu tersebut di alamat localhost/wordpress

hal7 wp

Selamat! Kamu telah menyelesaikan tutorial kali ini dan mengetahui cara instal wordpress di Localhost 😀

Leave a Reply