Tawk.to: Aplikasi Live Chat gratis untuk website kamu yang tersedia untuk berbagai platform

Ketika seseorang sedang mengunjungi sebuah website untuk kepentingan bisnis ataupun umum seringkali muncul pertanyaan-pertanyaan di benak mereka yang timbul akibat dipicu oleh konten yang ada di website. Jika rasa keingintahuan mereka sudah terpicu maka akan lebih mudah bagi kita untuk menjangkau mereka. Kita sebagai pemilik website harus siap untuk menangani rasa keingintahuan mereka dengan memberikan layanan messaging secara real time atau yang biasa dikenal dengan live chat. Dengan aplikasi live chat pada website kita dapat memberikan tanggapan yang cepat.

Aplikasi / Add-ons live chat pada website sangat penting untuk memudahkan para pemilik / admin website berinteraksi dengan para pengunjung. Apalagi jika website kita merupakan sebuah website yang dibuat untuk kepentingan bisnis, live chat akan menjadi sebuah penunjang untuk mendapatkan customer-customer baru.

Kebanyakan aplikasi live chat biasanya merupakan aplikasi berbayar namun terdapat aplikasi live chat yang gratis yaitu Tawk.to. Meskipun gratis,  tawk.to memiliki fitur-fitur yang sudah cukup optimal sebagai sebuah aplikasi live chat. Saya sendiri belum pernah menggunakan aplikasi live chat yang berbayar seperti zopim dkk. Namun yang saya ketahui tawk.to merupakan aplikasi live chat gratis yang paling terkenal.

Berbeda dari aplikasi gratis lain yang biasanya dipenuhi dengan pembatasan dan bahkan iklan. Tawk.to menawarkan aplikasi live chat tanpa batas volume, kamu bisa membuat rekan menjadi agent untuk live chat kamu tanpa batasan berapapun. Agent adalah pihak yang dapat membalas pesan-pesan yang diterima dari aplikasi live chat kamu, selain itu kamu bisa membuat departemen sendiri untuk agent tersebut, misalnya departemen teknis dan departement billing, tentu saja hal ini sangat membantu untuk mengorganisir pesan-pesan agar dapat ditangani sesuai agent yanng berkompeten di bidangnya, departemen dapat kamu buat tanpa batas. Untuk dapat menerima dan membalas pesan admin dan agent bisa masuk ke dashboard melalui berbagai platform seperti website tawk.to untuk akses lewat desktop maupun secara mobile melalui android dan ios apps yang sudah tersedia.

Cara instalasi tawk.to tergolong sangat mudah, jika kamu merupakan pengguna wordpress, pada repository wordpress telah tersedia plugin untuk menampilkan live chat pada website kamu dengan hanya satu kali login akun tawk.to di halaman plugin tersebut. Cara lain untuk menampilkan aplikasi live chat dari tawk.to adalah dengan memasukkan beberapa baris kode javascript. Tampilan kotak live chat tawk.to juga dapat diubah sesuai keinginan kita sehingga dapat menyesuaikan dengan tema design dan warna website.

Fitur-fitur  lain yang ada pada aplikasi live chat tawk.to adalah melihat ketikan sebelum dikirim, jadi apapun yang diketik oleh pengunjung website kita sudah kita ketahui sebelum mereka kirim, hal ini memberikan kemudahan bagi kita untuk memberikan jawaban dengan cepat. Terdapat fitur shortcut yang dimana pengunjung dapat menggunakan kata tertentu untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang umumnya ditanyakan. Fitur trigger untuk mengirimkan pesan pada kondisi tertentu. Statistik pengguna livechat. Banned ip pengunjung yang melakukan hal-hal tidak bertanggung jawab. Monitoring para pengunjung website dan berbagai macam hal lainnya yang dapat kamu coba sendiri.

Leave a Reply