PHPBrowserBox, Solusi Untuk Mengubah Aplikasi Berbasis PHP Menjadi Software Desktop

Banyak developer yang mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman php. Salah satu penyebab banyak yang menggunakan bahasa pemrograman php yaitu karena banyaknya tutorial tentang php serta contoh kasusnya yang tersebar di dunia maya. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php ini pada umumnya diakses menggunakan website browser dan bisa diakses dimana saja jika telah diunggah ke internet. Namun jika ingin menjalankan aplikasi program php di pc sendiri, sebelumnya pc kamu harus sudah terinstal web server agar bisa mengakses aplikasi tersebut melalui web browser, kamu tidak bisa langsung menjalankannya begitu saja seperti program / aplikasi desktop biasa.

Tentu saja tidak semua orang mengerti cara menginstal web server dan bagaimana menginstal aplikasi php ke webserver. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi yang saya temukan di sourceforge yaitu phpbrowserbox. Dengan menggunakan phpBrowserBox, kamu bisa mengubah aplikasi program php yang kamu buat untuk dikonversikan menjadi software desktop stand alone. PHPBrowserBox merupakan aplikasi standalone browser dengan ekstensi .exe yang menjalankan php dan mysql sendiri sehingga kamu dapat menjalankan aplikasi php kamu didalam phpBrowserbox seperti manjalankan software desktop .exe seperti biasa. Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi, bisa langsung digunakan bahkan dari flashdrive sekalipun dan tanpa konflik dengan aplikasi webserver lain seperti wamp, xampp, dll. Begitu software PHPBrowserbox dijalankan maka otomatis akan menjalakan server internal dalam software tersebut dan pada settingan defaultnya akan menampilkan halaman index.php. Adapun fitur lain serta keunggulan dari software yang dapat mengubah aplikasi php menjadi software aplikasi desktop tanpa compile dan instalasi ini yaitu:

  • Dapat dijalanakan tanpa instalasi diseluruh versi windows
  • Tanpa konflik dengan web server lain
  • Mendukung PHP5.6.17,MySQL5.7.10 dan SQLite3 Database
  • Aplikasi PHP bisa dijalankan secara langsung bahkan melalui flashdisk !
  • Mendukung HTML 5, dan CSS 3 Media Queries
aplikasi php berbasis web menjadi aplikasi desktop

Tampilan aplikasi php dengan software phpbrowserbox

 

Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai software ini dari sourceforge. Software ini dikembangkan dengan lisensi open source, sehingga memungkinkan kamu untuk dapat mengembangkannya lagi. Dengan Software PHPBrowserBox ini semua orang bisa menjalankan aplikasi program php seperti menjalankan software desktop standalone .exe tanpa compile dan instalasi. Cara menggunakan software ini pun cukup mudah, di artikel lain akan saya jelaskan bagaimana mengubah aplikasi php menjadi aplikasi .exe.

Semoga membantu 😀

Leave a Reply