Pengalaman diterima kuliah di Universitas Indonesia dari anak FIB UI

Semester 8 sudah terlewati. Jika saya mengikuti kuliah dengan wajar pada semester 8 ini harusnya sudah mencapai tahap akhir. Sejauh ini sudah ada 3 orang yang lulus di semester ini pada program studi yang saya ambil yaitu Arkeologi di Kampus FIB UI. Pelan-pelan saya kembali menarik mundur ingatan ke masa awal perkuliahan. Satu waktu di tahun 2015 saya pernah membuat tulisan mengenai kuliah jurusan Arkeologi di Universitas Indonesia. Selain itu dulu ketika masa orientasi saya diminta untuk membuat satu narasi. Pengalaman diterima di UI diminta untuk dituangkan ke dalam bentuk narasi. “Memasuki Dunia Arkeologi” adalah judul dari narasi yang saya buat untuk memenuhi tugas orientasi. Samar-samar ingatan saya, mungkin ini diminta ketika sedang mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan singkatan OKK UI. Berdasarkan keterangan modified date tulisan ini terakhir diedit pada tanggal 2 agustus 2015.

Memasuki Dunia Arkeologi

Diterima di Universitas Indonesia merupakan suatu anugrah yang luar biasa dan prestasi yang membanggakan bagi saya. Teringat pada saat pertama kali saya menginjakkan kaki di Universitas Indonesia yaitu saat diadakannya UI Opendays 2015, ini adalah kali pertama saya mengunjungi PTN, saya kagum melihat betapa luasnya Universitas Indonesia dengan berbagai macam kehidupan di dalamnya. Sebelum pulang teman-teman saya mengabadikan momen didepan perpustakaan pusat UI, namun saya menolak untuk ikut bernarsis ria, karena menurut saya ini bukanlah waktu dan tempat yang tepat. Saya masih ingat salah satu teman saya mengatakan bahwa saya akan menyesal tidak berfoto di UI. Akan tetapi pendapat tersebut langsung saya sanggah, kurang lebih saya mengatakan bahwa nanti juga saya akan kembali dan sering ke UI. Selanjutnya teman saya meragukan kepercayaan diri saya, saya hanya membalasnya dengan sedikit tertawa. Dalam benak saya, kelak saya pasti akan jadi bagian dari mereka, Mahasiswa UI.

Waktu pun terus berjalan, hingga pada hari pengumuman SBMPTN pun tiba. Saya sangat bangga dengan hasilnya, yang menyatakan bahwa saya diterima di Universitas Indonesia program studi Arkeologi Indonesia. Arkeologi merupakan pilihan kedua saya saat SBMPTN, saya memilihnya karena saya memiliki sedikit ketertarikan dengan sejarah Indonesia. Indonesia memiliki banyak sejarah kehidupan yang belum terungkap. Hal tersebut merupakan suatu tantangan yang ingin saya selesaikan. 

Walaupun saya masih sangat awam dengan Arkeologi, saya yakin dapat mempelajarinya dengan baik dan benar. Mengungkap sejarah yang belum terungkap, Melestarikan kebudayaan, Meneliti benda –benda purbakala, itulah sebagian pikiran saya tentang Arkeologi saat ini. Target saya adalah lulus sarjana tepat waktu dengan IPK diatas 3.20 kemudian melanjutkan ke program pascasarjana Arkeologi dengan peminatan Arkeologi Prasejarah.

Meskipun kuliah jurusan Arkeologi, saya memiliki minat yang besar terhadap kewirausahaan, pemasaran, dan IT khususnya pengembangan Website. Saya juga memiliki  pengalaman dibidang kewirausahaan , dan hingga saat esai ini ditulis saya masih bekerja sebagai website developer di sebuah toko ritel online yaitu toko49.com. Namun saya sangat minim pengalaman dalam organisasi. Oleh karena itu saya ingin bergabung dan mengikuti organisasi yang ada di Universitas Indonesia, agar dapat meningkatkan kemampuan, menambahkan relasi dan menjalin silaturahmi dengan mahasiswa UI lainnya.

Saya berharap dapat berkolaborasi membangun suatu usaha dengan sahabat mahasiswa UI lainnya, serta mengikuti organisasi yang berhubungan dengan kewirausahaan dan IT  dan ikut berkontribusi didalamnya. Membuat suatu aplikasi yang dapat memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang Arkeologi Indonesia merupakan salah satu keinginan saya.

Mencari, Menemukan, Meneliti, dan  Mengungkap sejarah baru, serta ikut melestarikan kebudayaan adalah cita – cita saya selama dan setelah menempuh pendidikan jurusan Arkeologi di Universitas Indonesia.

Dunia Arkeologi memang sangat baru bagi saya, dan masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa luasnya dunia Arkeologi sehingga dipandang sebelah mata. Keraguan mereka tidaklah berarti bagi diri saya, kelak saya akan menunjukkan kepada mereka bahwa saya mampu berprestasi di dunia Arkeologi. 

1440442671036

___________

Hingga hari ini saya cukup menikmati kuliah sebagai mahasiswa arkeologi yang begitu asyik. Beberapa hari ke depan tulisan ini sudah empat tahun. Sedikit mengulas tulisan saya diatas. Gagasan dalam tulisan belum sepenuhnya tercapai dan beberapa ada yang berubah. Walaupun ada beberapa gagasan yang pelaksanaannya berubah namun secara prinsip masih sesuai. Contoh gagasan yang berubah adalah mengenai keinginan saya untuk aktif di organisasi kewirausahaan dan IT. Kenyataan ya ng terjadi hingga tulisan ini dibuat saya aktif dalam organisasi intra kampus yang banyak bergerak di bidang kegiatan alam bebas, pelestarian lingkungan dan pengabdian masyarakat.

Satu gagasan lain yang cukup relatif mengenai waktu kelulusan. Pada tulisan saya menyampaikan bahwa saya mempunyai target untuk lulus tepat waktu. Tepat waktu pada tulisan dibandingkan dengan kondisi saat ini menimbulkan sedikit pertanyaan untuk saya. Apa yang saya pikirkan ketika menulis “tepat waktu” dulu ya?

 

Leave a Reply