Menulis Blog, sekedar hobi atau sekaligus profesi?

Menulis merupakan kegiatan yang umumnya dilakukan oleh manusia hampir setiap hari. Apalagi untuk mahasiswa seperti saya, menulis merupakan kewajiban yang tidak bisa dihindari karena tuntutan tugas. Tidak ada aturan khusus untuk menulis, kecuali jika menulis dalam rangka menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan. Dalam menulis untuk tugas ataupun pekerjaan tentu ada kaidah-kaidah yang harus dipatuhi.

Bagi sebagian orang menulis merupakan satu pekerjaan yang amat sulit. Bagi sebagian yang lain, menulis boleh jadi merupakan kegiatan yang paling istimewa dan sangat menyenangkan. Menulis merupakan kebebasan berekspresi yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun dan dimanapun. Tiap tulisan merupakan rekayasa yang diciptakan penulis sesukanya baik sesuai kenyataan ataupun fiksi dengan tujuan tertentu.

Pada era digital ini, menulis tidak hanya di atas kertas tapi juga secara harfiah menulis berarti mengetik dengan perangkat komputer ataupun telepon genggam. Dengan kemajuan teknologi, tiap-tiap tulisan dapat dengan mudah tersebar. Jika zaman sebelum internet dapat diakses bebas, tulisan hanya dapat disebar melalui selebaran, koran, majalah atau buku. Kini untuk menyebarkan tulisan dapat dilakukan melalui berbagai macam kanal melalui internet. Penyebaran tulisan bisa dilakukan melalui social media ataupun blog.

Blog merupakan media yang biasanya digunakan untuk membagikan tulisan dengan kategori tertentu. Selain dimiliki oleh perusahaan sebagai media pemasaran, biasanya Blog juga dimiliki oleh orang-orang yang suka menulis dan membagikan pengetahuan ataupun pengalamanannya melalui internet. Tulisan-tulisan yang dibagian dalam Blog meliputi kegiatan hidup sehari-hari, perjalanan, hobi, tips dan trik ataupun sekerdar curahan hati.

Menulis blog merupakan hobi yang banyak ditekuni oleh anak millenials zaman now. Tapi tidak hanya sekedar hobi menulis Blog. Beberapa orang menulis blog untuk meningatkan citra diri ataupun menunjukkan kemampuan mereka. Ada juga yang mempunyai profesi sebagai penulis blog. Tidak hanya sebagai sampingan, Blog juga sering digunakan sebagai profesi utama untuk mencari uang. Ada banyak  cara yang bisa dilakukan oleh orang yang menulis blog untuk mencari uang yaitu dengan review produk, menampilkan iklan, ataupun afiliasi produk. Kalian bisa membaca tulisan saya mengenai afiliasi produk untuk mempelajari salah satu cara menjadikan menulis blog sebagai profesi. Selain itu jika memiliki kemampuan khusus berupa jasa, blog juga bisa menjadi sarana tambahan untuk menampilkan hasil jasa yang telah dikerjakan sebagai portfolio.

Selain menulis Blog kamu juga dapat melakukan hal lain jika ingin mendapatkan penghasilan dari internet. Menulis blog bisa jadi hanya hobi, ataupun sekaligus profesi tergantung dari keinginan teman-teman pembaca sekalian. Pilihan ada di tangan kamu!

 

Leave a Reply