Lagi cari bocoran soal sbmptn 2016 ?

Kira-kira kurang lebih setaun yang lalu saya mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian SBMPTN, yup saya sadar bukan orang yang memiliki nilai rapor yang bagus untuk masuk PTN melalui jalur SNMPTN Undangan, makanya saya sangat berharap masuk PTN lewat jalur SBMPTN. Januari tahun lalu saya mulai mempersiapkan diri saya untuk menghadapi SBMPTN, mempersiapkan dalam hal pelajaran dan juga pilihan yang harus saya ambil untuk melanjutkan pendidikan. Dalam hal pelajaran saya tidak mengikuti bimbingan belajar dari lembaga manapun, saya hanya browsing di internet, bagaimana sih contoh soal SBMPTN tahun sebelumnya, tahun 2014, 2013 dan sebelumnya lagi, saya juga mencari banyak informasi terkait SBMPTN, buku apa yang kira-kira relevan untuk saya pelajari dalam upaya mempersiapkan SBMPTN 2015 dan bagaimana pengalaman mereka yang sudah mengikuti SBMPTN di tahun sebelumnya. Beberapa hal yang saya lakukan akan saya jelaskan pada artikel kali ini, sekiranya bermanfaat bagi teman-teman yang akan menghadapi ujian SBMPTN 2016 tahun ini, jadi gak perlu cari atau bahkan beli bocoran soal SBMPTN 2016 hehe :p maaf sekali jika anda mencari hal tersebut, saya hanya menggunakan judul bocoran untuk menarik minat baca anda pada artikel ini 😀

Dimulai dari kebingungan saya dengan momok tentang SBMPTN, yang katanya begitu susah dan sangat beruntung jika lolos uiiannya. Jika kamu berpikir seperti saya dulu, buang jauh-jauh pikiran tersebut, kamu enggak perlu punya rasa takut yang berlebihan terhadap SBMPTN. Banyak orang yang menganggap ujian SBMPTN begitu berat, sehingga belajar mati-matian bahkan sampai diluar batas kemampuan mereka. Percayalah, hal tersebut hanya akan membuat beban kamu tambah berat, apalagi kamu yang mungkin sedang memikirkan hal selain pendidikan, belajar mati-matian tidak sama dengan belajar dengan kesungguhan, jika kamu hanya belajar terus menerus demi menghapal jenis-jenis soal, maka sebenarnya usaha yang kamu lakukan kurang bermanfaat untuk dirimu sendiri. Pahamilah dulu konsep SBMPTN, seperti bagaimana hasil SBMPTN dinilai, berapa skor yang harus dicapai untuk berhasil masuk PTN yang kamu inginkan, setelahnya baru kamu dapat memetakan pelajaran apa yang kamu perlu tekankan untuk dipelajari agar dapat meraih skor tertentu yang sesuai dengan PTN yang kamu inginkan.

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu

1. Ikut Bimbingan belajar / pendalaman Materi

Walaupun saya tidak mengikuti bimbel, namun sebenarnya bimbel itu sangat bermanfaat bagi kamu yang serius ingin mempersiapkan diri untuk SBMPTN, saya tidak mengikuti bimbel karena kurang efektif untuk orang seperti saya yang mempunyai jam belajar sendiri, bagi kamu yan tidak bisa mengatur waktu dengan baik, saya sarankan ikuti bimbel berdasarkan kemauan kamu sendiri, mulai dari tempatnya dan jadwal yang kamu inginkan. Karena dengan begitu kamu akan lebih rajin lagi dan sering mengerjakan soal-soal yang relevan dengan soal SBMPTN.

2. Menentukan pilihan program studi

Kenali dirimu sendiri, ketahui apa yang kamu inginkan, apa yang ingin kamu capai di masa depan? Inilah saatnya kamu mulai serius terhadap hidup yang kamu jalani, tentukan pilihan program studi kamu sendiri, karena nantinya kamu sendirilah yang akan menjalankannya, namun jangan juga menolak mentah-mentah saran dari orang lain, terutama orang tua. Pertimbangkanlah semuanya dengan bijaksana. Lakukan riset tentang program studi mana yang sekiranya akan kamu pilih, selanjutnya, silahkan ditentukan sendiri 🙂

Mungkin banyak yang bilang kalau kamu harus mengikuti passion kamu dalam memilih program studi, namun sadari juga kemampuan kamu, apakah kamu sanggup mengikuti program studi yang sejalan dengan passion kamu?

3. Menentukan PTN

Bukannya saya meremehkan PTS, tapi karena saya sedang membahas SBM PTN pada artikel kali ini, makanya langkah selanjutnya yang saya anjurkan adalah menentukan PTN. Tidak ada yang salah dengan PTS, jauhi pikiran bahwa PTN lebih bagus dari PTS, pemikiran seperti itu sudah kurang relevan pada zaman sekarang.

Dalam menentukan PTN, kamu perlu mempertimbangkan banyak faktor, seperti:

  • Dimana letak PTN yang kamu inginkan? jika di luar daerah tempat tinggal kamu, sanggupkah kamu menetap disana semasa kuliah?
  • Reputasi PTN yang kamu inginkan sebagai penunjang cita-citamu. Misalnya, jika kamu ingin menjadi engineer nomor satu di negeri ini, tentunya kamu harus pilih PTN nomor satu di bidang Engineering (saya anggap kamu sudah menyadari kemampuan kamu)
  • Seberapa banyak peminat PTN tersebut pada program studi yang kamu inginkan? sanggupkah kamu bersaing dengan mereka pada SBMPTN?

Dengan mempertimbangkan 3 hal diatas dapat membantu kamu dalam menentukan PTN.

4. Mencari info SBMPTN di internet

Seperti yang kamu lakukan ini (atau kamu yang nyasr ke artikel ini karena mencari bocoran soal :p). Ketahuilah berbagai informasi tentang SBMPTN dari internet, kamu bisa mencari pengalaman orang lain yang sudah pernah menghadapinya lebih dulu.

5. Mencari soal dan buku pembantu belajar SBMPTN

Setidaknya jika kamu tidak mengikuti bimbel, carilah soal dan buku sebagai pembantu belajar dalam mennghadapi SBMPTN. Kamu bisa membeli ataupun meminjamnya.

6. Belajar dan Berdoa

Yup, ini adalah hal yang paling penting, yaitu belajar. Belajar merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam mempersiapkan ujian SBMPTN. Dalam belajar kamu juga harus mengetahui ‘porsinya’. Seberapa giat kamu harus belajar untuk SBMPTN, saya harap kamu bisa mengatur diri sendiri. Ingat belajar terlalu keras juga tidak selalu memaksimalkan pengetahuan kamu, sadari kemampuanmu, tekan batasan-batasan yang ada, namun jangan terlalu berlebihan ya! Jangan lupa juga untuk berdoa agar kamu sukses menghadapi SBMPTN, karena sesungguhnya hasil yang kamu dapatkan merupakan ketentuanNya.

Hal-hal yang sudah saya jelaskan diatas dapat kamu lakukan untuk membuat dirimu lebih siap lagi dalam menghadapi SBMPTN, biasanya juga dikelas 12 semester 2 ini, konseling rajin mengunjjungi kelas kamu, ya kan? jangan ragu untuk bertanya informasi terkait SBMPTN, kamu juga bisa berkonsultasi dengan mereka tentang program studi dan PTN yang kamu pilih. Di sekolah saya sih dulu ada acara seperti campus fair, jika ada di sekolah kamu, gunakan kesempatan tersebut untuk bertanya tentang program studi kepada mereka yang mengenyam pendidikan di PTN yang kamu inginkan, sehingga kamu memiliki gambara, dan bisa mempertimbangkan kembali pilihan program studi saat SBMPTN nanti. Kalau ada kesempatan ikuti acara yang diselenggarakan di PTN yang kamu inginkan, dengan begitu kamu akan mengetahui lebih banyak dan mengenal suasana “calon” kampus kamu 😀

Oh, iya artikel ini saya buat berdasarkan opini saya, jadi mohon jangan dijadikan patokan satu-satunya, jangan batasi pikiran kamu pada artikel ini, cari referensi lain juga untuk mengetahui macam-macam hal lainnya yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN 2016. Selamat Berjuang!

Leave a Reply