Kunjungan ke Museum DPR RI di Jakarta

Pada tanggal 22 September 2015, saya diberikan kesempatan untuk mengunjungi Museum DPR RI dalam rangka memenuhi tugas pengantar museologi. Berangkat kesini tadinya saya ingin menggunakan motor, namun saya urungkan karena belum pernah memasuki Kompleks DPR dan takut tidak boleh parkir motor, akhirnya saya jalan ke sini menggunakan Kereta dari stasiun Bekasi. Rencananya saya akan turun di stasiun palmerah, tetapi karena ternyata saya sudah terlambat, saya memilih untuk turun di stasiun karet dan naik ojek hingga ke DPR. Sampai di kompleks gedung DPR saya bertemu teman-teman saya yang berangkat bersama dari kampus tercinta. Segera kami menuju gedung nusantara 2 (kalau tidak salah) karena Museum DPR terletak disana. Ini pengalaman pertama saya memasuki kompleks gedung DPR, lingkungannya bersih, sunyi dan nyaman. Museum terletak di lantai 2, saya sendiri baru tahu kalau DPR punya museum dari dosen, memang museum ini tidak bisa dikunjungi oleh publik secara umum, harus memiliki izin untuk mengunjunginya.

IMG_20150922_140650

Berikut dibawah ini merupakan laporan yang saya buat untuk tugas pengantar museologi yang berisi tentang Museum DPR RI.

Sejarah Singkat Museum DPR RI

Prakarsa pembuatan Museum DPR RI dimulai pada periode DPR 1987 – 1992 dengan Pimpinan DPR-RI saat itu M.Kharis Suhud sebagai Ketua. Pada tahun 1997 museum ini diresmikan dengan Ketua DPR RI yang saat itu dipegang oleh Bapak H.Harmoko. Atas prakarsa nya, maka museum DPR RI dikembangkan dengan menambah koleksi baik barang,naskah maupun foto serta diupayakan menempati ruang dan gedung yang representatif untuk Museum DPR RI. Tanda tangan ketua DPR kala itu, Harmoko, terukir di dekat pintu keluar sebagai penanda peresmian museum ini pada 1997 silam.

IMG_20150922_142144

Pada Bulan Juni-Agustus 2015, Museum DPR RI dirancang ulang atas kerjasama Sekretaris Jenderal DPR RI dan Universitas Indonesia (Tim Departemen Arkeologi FIB UI, Program Studi Arsitektur Interior FTUI dan Center for Election and Political Party FISIP UI)

 

Koleksi Museum DPR RI

Museum DPR RI memiliki berbagai macam koleksi benda benda bersejarah yang terkait dengan aktivitas DPR sejak jaman belanda.

Koleksi yang terdapat di Museum DPR RI meliputi:

  1. Peralatan yang digunakan DPR pada periode tertentu
  2. Seragam yang digunakan DPR pada periode tertentu
  3. Foto anggota DPR
  4. Maket kompleks gedung DPR
  5. Dinding yang berisi tentang sejarah DPR
  6. Patung
  7. Lukisan
  8. Alat musik

Tata Letak dan Ruang Pamer Museum DPR RI  

Museum DPR RI memiliki tata letak yang atraktif dan koleksi yang cukup menarik, setelah memasuki Museum pengunjung langsung disajikan dengan dinding di sebelah kiri yang berisi sejarah kronologis DPR RI sejak jaman belanda, dimulai dari Volksraad hingga ke bentuk DPR sekarang. Kemudian terdapat peralatan yang pernah digunakan oleh DPR seperti kamera, mesin tik, palu dan berbagai macam peralatan lainnya.

Tata letak secara umum disusun berdasarkan kronologis, sehingga dapat memberikan informasi yang runut tentang sejarah DPR RI. Pengujung juga diajak untuk berinteraksi dengan koleksi yang ada di Museum DPR seperti mengemukakan pendapat mereka terhadap informasi yang disajikan pada dinding sejarah tersebut dan terdapat juga voting koleksi yang paling baik dengan menggunakan kancing.

Museum ini memiliki satu ruang yang berisi alat music tradisional milik DPR RI dan terdapat sofa panjang sebagai tempat istirahat bagi pengujung serta diseberang ruang ini terdapat toilet yang disediakan untuk pengunjung. Namun, di salah satu sudut Museum DPR RI masih terdapat ruang yang minim pencahayaan dan Koleksi yang minim informasi.

Museum DPR RI dengan segala sarana dan prasarana didalamnya telah mampu menjadi suatu tempat yang bersifat rekreatif untuk dikunjungi karena memberikan informasi yang bersifat edukatif dan penyajian koleksi yang cukup atraktif sehingga dapat dijadikan obyek foto yang menarik. Dengan mengunjungi Museum DPR RI, pengunjung diharapkan akan mengetahui banyak wawasan baru tentang sejarah DPR RI.

Dokumentasi

IMG_20150922_141958-q

Ruangan yang berisi alat musik tradisional

IMG_20150922_142706-q

Penjelasan Komisi-Komisi dalam DPR

IMG_20150922_143213-q

Sarana museum yang mengajak pengunjung untuk bersikap partisipatif

IMG_20150922_141505-q

Pakaian pimpinan MPRS pada tahun 1960-1961

IMG_20150922_141600-q

Suasana di dalam Museum DPR

IMG_20150922_141518-q  IMG_20150922_141624-q

Leave a Reply