Mengenal kuliah di jurusan Arkeologi

Ga berasa udah hampir sebulan saya duduk di bangku kuliah dan menyandang gelar mahasiswa arkeologi universitas indonesia 2015. Jadi apa aja sih yang dilakuin sama mahasiswa arkeologi? apa aja yang dipelajarin? gimana prospeknya? mudah mudahan akan terjawab oleh artikel saya yang satu ini.

IMG_20150909_092608_compressed

Simulasi situs Arkeologi di Universitas Indonesia

Apa saja yang dipelajari di jurusan Arkeologi?

Karena saya masih semester pertama, saya cuma ngasih tau apa yang bakal kamu pelajarin kalo masuk ke jurusan atau program studi Arkeologi Universitas Indonesia di semester pertamax ini.

Mulai dari mata kuliah, kamu bakalan dapet 6 mata kuliah yang terdiri dari MPKTA, MPK O/S, dan 4 Mata Kuliah Prodi yaitu: Pengantar Arkeologi, Pengantar Arkeologi Tekstual, Pengantar Museologi, dan Kepurbakalaan Indonesia dengan total 19 SKS. Mungkin masih awam sama mata kuliah prodi arkeologi ya? oke saya jelasin lebih rinci lagi.

Pengantar Arkeologi

Di matkul ini, bakal dijelasin tentang arkeologi secara umum, apa sih arkeologi, apa aja bidang yang dipelajari arkeologi, apa aja yang bisa dilakukan mahasiswa arkeologi setelah lulus nanti. Minat kamu terhadap Arkeologi diharapkan akan lebih berkembang dan kamu bakalan tahu bidang apa yang akan ditekuni dalam ilmu arkeologi dengan mempelajari mata kuliah ini.

Pengantar Arkeologi Tekstual

Buat yang seneng belajar bahasa yang anti mainstream, kamu bakal suka matkul ini, karena di matkul ini kamu bakalan mempelajari tulisan dari masa lalu sejak kemunculan aksara hingga berkembang ke beberapa bahasa. Karena ini matkul pengantar jadi baru dikenalkan dengan beberapa tulisan seperti arab kuna, jawa kuna, sunda kuna dll

Pengantar Museologi

Matkul ini cocok buat kamu yang seneng dengan dunia permuseuman. Di matkul ini kamu bakal mempelajari hal-hal tentang museum, mulai dari sejarah perkembangannya, sistem pengelolaan hingga melakukan penelitian tata letak museum. Pasti kamu bakalan suka karena bakalan ada kunjungan museum, saat artikel ini ditulis saya baru saja menyelesaikan laporan hasil kunjungan ke Museum DPR RI, asyik kan hehe

Kepurbakalaan Indonesia

Suka dengan zaman purba? maka matkul ini bakalan pas buat kamu! kita bakalan mempelajari tentang masa lalu indonesia dari masa prasejarah sampai zaman kolonial. Belajar matkul ini bakalan seru abis karena kamu diajak mempelajari kebudayaan lintas waktu dari masa ke masa. Kamu juga bakala tau apa aja sih jenis jenis peninggalan purba dari masa prasejarah.

 

Gimana prospek mahasiswa jurusan Arkeologi setelah lulus nanti?

Ini pasti menjadi pertanyaan besar bagi kamu yang masih ragu untuk masuk jurusan / program studi arkeologi, ya kan? Ini membuat saya ,encoba mengingat kembali salah satu ucapan dosen Arkeologi saat orientasi fakultas, beliau mengucapkan kurang lebih bahwa dengan kita mempelajari arkeologi maka kita mempelajari akar dari kebudayaan, kita akan tahu bagaimana suatu kebudayaan dari awal terbentuk hingga sekarang dengan segala prosesnya, dengan demikian jika kita sudah mengetahui kebudayaan masyarakat tertentu, maka dapat dengan mudah kita menguasai sesuatu pada kebudayaan tersebut.

Arkeologi memiliki berbagai cabang yang bisa dikembangkan seperti Museologi, Etnoarkeologi, Epigrafi dan banyak lainnya sehingga kamu diberikan banyak pilihan jika ingin meneruskan belajar atau berkarir di bidang arkeologi. Jika kamu berminat bekerja dibidang arkeologi kamu bisa kerja di museum, cagar budaya, pariwisata, atau di pusat penelitian arkeologi nasional dan masih banyak lagi. Seandainya kamu tidak berminat meneruskan atau berkarir di arkeologi kamu juga dapat bekerja di bidang lain seperti menjadi pegawai bank, salah satu lulusan arkeologi bahkan kini ada yang menjadi kepala cabang bank, karena di arkeologi kamu juga akan diajari meneliti suatu obyek sehingga interpretasi yang kamu buat sesuai dengan keadaan sebenarnya dan hal tersebut dibutuhkan untuk menganalisa berbagai macam hal pada saat ini.

IMG_20150911_160620_compressed

Simulasi kotak eskavasi di FIB UI

Kuliah arkeologi itu sangat menyenangkan karena kamu bakalan belajar sejarah sekaligus dapat melakukan penelitian langsung terhadap benda benda bersejarah, dengan begitu kamu akan mengetahui berbagai macam kebudayaan dan mempunyai wawasan yang luas. Arkeologi juga cocok untuk kamu yang hobi travelling dan suka jalan jalan, karena akan terdapat banyak kunjungan ke museum, situs sejarah dan bahkan kuliah kerja nyata eskavasi di situs arkeologi.

Semoga dengan artikel yang saya buat ini bisa mengenalkan jurusan arkeologi dan membuat kamu lebih yakin untuk memasuki jurusan / program studi arkeologi.

13 responses to “Mengenal kuliah di jurusan Arkeologi”

  1. Natasha says:

    Kak saya skrg kelas 3 SMA dan berencana mau ambil arkeologi. Saya dikasih tau sama orang kalau kuliah arkeologi itu harus punya fisik yang kuat karena akan melakukan banyak penelitian di luar, apa itu benar kak? Terima kasih sebelumnya

    • Halo dian, maaf saya baru sempet buka blog nih hehe, fisik yang kuat adalah opsional menurut saya, yang penting kamu punya mental yang kuat karena kalo kamu punya mental yang kuat buat masuk jurusan ini secara nggak langsung itu akan bikin fisik kamu kuat, keterbatasan fisik bukan halangan untuk sebuah keinginan 😀
      Tentang penelitian arkeologi memang dilakukan di lapangan, tapi prodi arkeologi di ui pelajarin non-lapangan juga kok seperti seni dan museum 😀

  2. M.Al-Faqih says:

    Hey kak, pengen tanya nih, kalo boleh tau kalo ambil jurusan arkeolog itu kan karirnya bisa di museum, nah di museum itu jadi apa ya? Terimakasih

  3. null says:

    Assalamualaikum,,, malam kak, mau tanya nih, rencana di tahun 2017 nanti sya mau daftar ke UI buat ngmbil jurusan arkeologi,, nah syarat buat masuk sana tuh apa aja ya?
    Tes nya apa&gimana?
    Lulusan SMK bisa ikutan daftar ga ya? Soalnya sya lulusan SMK jasa boga,, apakah bisa ikutan daftar/test jurusan arkeologi di UI,? mohon infonya ya kak, makasih,, Assalamualaikum

    • hi ricky kamu bisa ambil arkeo kok lewat ujian sbmptn/simak, pastiin aja kamu belajar dari buku soal atau panduan sbm/simak yang sosial humaniora yah, karena untuk ujian masuk arkeologi baik lewat jalur sbmptn ataupun simak kamu akan menghadapi soal2 sosial humaniora

  4. null says:

    Nama saya Ricky kak, asal dari Bandung

  5. naufal says:

    nama saya naufal saya mau bertanya. saya dari jurusan IPA, dan saya mau masuk jurusan arkeologi. apakah saya bisa masuk ke jurusan arkeologi? kalau bisa apa saja yang harus dilakukan?

  6. Lalu Muh Balia F says:

    hai kak… kemarin sy ikut TO UI NTB di mataram… nah pas faculty expo itu sy sy ngobrol sm kak irfan anak arkeologi jurusan 2016… sy mau nanyak MK pilihan arkeologi UI itu apa aja?

  7. Lalu Muh Balia F says:

    Dan juga bisa jelasin nggan tentang MK arkeologinya lagi… kan kakak udah semester 5 kan?

Leave a Reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *