Konversi mulai muncul di Adwords!

Kelas perkuliahan selesai lebih cepat hari ini. Sekitar 1 jam dari jam seharusnya kelar. Karena kemarin belum sempet lihat-lihat Adwords. Jadi, saya putuskan untuk memanfaatkan waktu ini untuk bekerja. Saya emang dapatĀ kesempatan untuk kerja remote, karena lokasi dan waktu kuliah + kegiatan lain yang tidak memungkinkan jika harus setiap hari ke kantor.

 

Mulai dari buka time doctor dan langsung masuk ke akun Adwords Toko49.com. Scroll dan cek masing2 campaign, ada yang statusnya limited by budget, karena memang 5 hari yang lalu, saya mengecilkan lagi budget untuk ini, tujuannya sederhana aja untuk menekan pengeluaran di masa uji coba ini. Masuk lebih jauh ngecek tiap ad group, senang banget karena lihatĀ 1 ad group ada yang CTRnya lebih dari 1% itu udah bagus banget karena rata2 CTR untuk kategori ini harusnya 0,7-0,8%.

ctr

Selesai cek masing-masing Ad Groups saya penasaran dan pengen lihat datanya lebih jelas sekalian buat laporan. Beruntung Google juga sudah punya platform untuk penyajian data ini, jadi ga perlu repot cari yang lain, namanya Google Data Studio.

conv

Ketika saya sedang mengatur tabel data untuk memunculkan dimensi dan metric apa saja yang ingin ditampilkan, saya baru sadar bahwa sudah ada konversi, bahkan kalau dihhitung dengan metrik view-through conversionĀ sudah ada lebih dari 10 konversi. Senangnya mengetahui hal ini saya segera melaporkannya ke Pak Bos. Sempat kebingungan karena tidak ada metric revenue sehingga tidak terukur berapa konversi yang dihasilkan dalam bentuk rupiah. Namun kebingungan itu dituntaskan setelah melihat ke Google Analytics, disana terdapat metrik Adwords Revenue. Tetapi dari revenue ini masih harus dilihat apakah benar terjadi transaksi atau hanya abandoned cart. Ini pekerjaan selanjutnya, harus kumpulin data ads type apa yang terdapat konversi ini, placementnya dan lain lain yang belum terpikirkan. Lalu menganalisa data konversi adwords itu untuk meningkatkan performa campaign. Sekarang saatnya makan siang! Semoga ini bermanfaat ya

revenue lebi banyak

 

Leave a Reply