Kenapa Kita Harus Membayar Sejumlah Biaya Untuk Mempunyai Sebuah Domain?

Sedikit tergelitik ketika saya melihat sebuah pertanyaan kenapa kita perlu membayar biaya untuk mempunyai sebuah domain pada halaman komentar fanspage salah satu provider hosting dan domain. Pertanyaan itu mungkin terlihat sedikit awam, namun jika ditelaah merupakan suatu pertanyaan yang memiliki jawaban yang dalam. Bagi orang yang belum mengerti juga pasti kebingungan kenapa kita harus membayar sebuah ‘nama’ untuk website kita. Kenapa domain enggak gratis? Bukankah itu hanya sebuah ‘nama’, beda dengan hosting yang mungkin lebih mudah dipahami kenapa perlu dikeluarkan biaya karena diperlukan biaya untuk merawat server dan sebagainya. Saya sendiri sebelum membuat tulisan ini sedikit bingung bagaimana cara menjelaskan kenapa domain perlu biaya dengan mudah. Akhirnya saya melakukan sedikit gugling tetapi belum menemukan artikel yang menjelaskan tentang hal ini, ketika saya gugling dengan keyword ‘kenapa domain harus bayar’ yang keluar malah artikel tentang pengertian domain, keunggulan menggunakan domain tertentu, dan halaman dari beberapa provider hosting. Namun ketika menggunakan keyword bahasa inggris saya menemukan beberapa situs yang tepat dan bisa dijadikan referensi untuk tulisan ini. Tentu saja domain yang saya maksud disini adalah domain TLD .com dan lainnya yang berbayar bukan domain gratis seperti .tk.

contoh domain mujazmi impor barang cina

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, alamat server tempat hosting sebuah website dapat diakses dengan IP Address yang berupa angka-angka, namun hal itu tentu menyulitkan orang untuk mengingatnya, oleh karena itu diperlukan nama domain sebagai identitas dari IP Address tersebut. Kita perlu membayar jika ingin mempunyai sebuah nama domain. Ketika kita membayar untuk memiliki sebuah domain, sebenarnya kita bukan membeli melainkan hanya menyewa, itulah kenapa biaya domain ini perlu di bayar setiap tahun bukan sekali bayar. Penyewaan tersebut tidak bersifat permanen jadi ketika kamu sudah tidak ingin menggunakan nama domain tersebut maka domain itu tidak perlu diperpanjang sehingga akan terhapus dan akan tersedia kembali untuk digunakan dalam beberapa waktu.

Kenapa perlu bayar biaya domain_

Secara sederhana, biaya sewa untuk domain digunakan untuk mengelola sistem penamaan domain. Ada 4 pihak yang terlibat dalam pembuatan nama domain yaitu pihak ICANN, registry, registrar, dan registrant. Registrant bisa jadi kamu selaku pihak yang akan mendaftar nama domain untuk periode tertentu. Registrar adalah pihak yang menyewakan nama domain TLD seperti .net .com .org .info dan sebagainya. Registry adalah pihak yang mengelola TLD dan perlu diakreditasi oleh ICANN untuk dapat menjual TLD yang mereka kelola, contoh pihak ini adalah veriSign yang merupakan registry untuk domain TLD .com dan .net. ICANN adalah badan / organisasi yang bertanggung jawab untuk mengelola proses hingga regulasi sistem penamaan domain. Kenapa perlu mendaftar kepada mereka? Kenapa tidak bisa membuat sendiri dengan gratis dan tanpa biaya? Tentu kita tidak bisa membuat sendiri nama domain yang dapat diakses secara publik karena sudah ada organisasi / badan yang mengatur penamaan domain tersebut yaitu ICANN. Organisasi tersebut tentu diperlukan untuk menghindari banyak klaim atas suatu nama domain oleh berbagai pihak. Bayangkan jika kamu bebas membuat nama domain, gratis dan tanpa biaya, tentu akan banyak yang menggunakan nama yang sama. Jadi biaya yang kita bayarkan untuk sebuah nama domain selain untuk biaya klaim juga untuk operasional pihak-pihak yang mengatur proses dan regulasi penamaan domain tersebut karena diperlukan biaya untuk peralatan, server, sumber daya manusia dan sebagainya.

Reference
http://webmasters.stackexchange.com/questions/6528/why-do-we-have-to-pay-for-a-domain-name
http://blog.domainname.com/why-arent-domains-free/
Featured Image edited from freepik.com

2 Responses to “Kenapa Kita Harus Membayar Sejumlah Biaya Untuk Mempunyai Sebuah Domain?”
  1. Devon Daniel January 23, 2018
    • Muhammad Jazmi February 11, 2018

Leave a Reply