Ini dia cara mahasiswa memperoleh uang tambahan melalui internet

Mahasiswa pada umumnya memiliki keinginan untuk dapat mencari uang sendiri. Berbagai pengeluaran untuk banyak keperluan seperti print tugas kuliah, membeli buku, membeli pakaian atau sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sering melebihi anggaran bulanan yang telah diberikan oleh orang tua, membuat mahasiswa terdorong untuk mendapatkan penghasilan sendiri.  Terlebih jika kamu seorang mahasiswa rantau yang hanya mengandalkan kiriman orang tua, seringkali uang tersebut sudah habis sebelum waktunya, biasanya kamu akan menyiasati hal ini dengan makan seadanya dan berhutang kepada teman. Kebiasaan tersebut sangatlah tidak sehat, jika kamu mengalami hal tersebut, berarti sudah waktunya bagi kamu untuk mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan finansial.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk memperoleh uang tambahan diantaranya seperti melakukan kerja part-time, menjadi guru les, berdagang makanan, ataupun menjadi gojek. Cara yang telah saya sampaikan tersebut merupakan cara konvensional yang pada umumnya dilakukan oleh mahasiswa. Pada Artikel kali ini saya akan menulis beberapa cara untuk mendapatkan uang melalui internet yang dapat dilakukan mahasiswa sesuai dengan kemampuan mereka.

Bekerja freelance di situs Crowd Sourcing

Jika kamu memiliki skill di bidang desain grafis, video editing, programming, atau hanya sekedar data entry, kamu dapat mencoba untuk menjadi freelancer. Jika belum memiliki kemampuan tersebut, segeralah belajar untuk memiliki salah satunya. Menjadi freelancer merupakan salah satu pekerjaan yang paling nyaman bagi mahasiswa, karena pekerjaan freelance umumnya dapat dikerjakan dengan waktu yang fleksibel namun tetap memiliki deadline, dengan demikian mahasiswa dapat bekerja di kala memiliki waktu senggang.

ilustrasi apa itu crowdsourcing

Ilustrasi crowdsourcing

Pekerjaan freelance bisa didapatkan melalui situs Crowd Sourcing. Crowd Sourcing menurut wikipedia adalah proses untuk memperoleh layanan, ide, maupun konten tertentu dengan cara meminta bantuan dari orang lain secara massal, secara khusus melalui komunitas. Dapat disimpulkan bahwa didalam situs Crowd Sourcing terdapat pemberian pekerjaan dari satu perusahaan / perorangan kepada banyak orang / pekerja dan pada akhirnya hanya satu orang yang dipilih sebagai pekerja karna memenuhi kriteria. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, bagi pekerja yang menawarkan jasa ke orang / perusahaan lain secara massal. Contoh situs Crowd Sourcing dalam negeri yaitu Projects.co.id dan Sribulancer.com, pada situs tersebut banyak terdapat lowongan pekerjaan yang dilelang dan bersifat freelance / remote. Pekerjaan meliputi berbagai bidang seperti desain grafis, programming, seo, content writing, financial, data entry dan banyak jenis pekerjaan lainnya. Ada juga situs lokal crowd sourcing yang hanya berfokus pada bidang desain grafis yaitu sribu.com, sistem pada website ini yaitu seperti kontes, pekerja membuat desain lalu kemudian akan dipilih yang terbaik dan mendapatkan bayaran, diluar negeri juga ada situs semacam ini yaitu 99designs.com. Situs Crowdsourcing di luar negeri yang lain contohnya yaitu freelancer.com dan upwork.com.

Menjual Jasa

google cover

Brand yang menjual jasa yang saya kelola

Buatlah dirimu menjadi orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu seperti desain, fotografi, programming, public speaking dan segala macam keahlian lainnya. Jika kamu ingin memiliki salah satu keahlian tersebut, pahamilah dan coba untuk pelajari lebih dalam, saat kamu merasa telah memiliki keahlian tersebut, coba tawarkan keahlian kamu tersebut ke orang-orang terdekat yang kamu kenal yang sekiranya membutuhkan jasa kamu, seperti keluarga, teman ataupun tetangga, jika telah memilki pekerjaan / portfolio yang cukup cobalah untuk mempromosikan layanan jasa yang kamu berikan dengan media umum seperti website, koran lokal, dan social media.

Menjual Barang digital

cloud-filesBarang digital yang dimaksud disini yaitu adalah suatu file yang memiliki nilai untuk dijual, misalnya kamu memiliki keahlian menulis, kami bisa membuaat suatu karya tulis dan menjualnya di platform publishng online seperti scribd.com. Ataupun untuk kamu yang memiliki keahlian coding kamu bisa membuat code snippet sampai suatu aplikasi kemudian menjualnya ke marketplace yang menjual script seperti codecanyon.net. Contoh lainnya seperti menjual vector, logo template, audio template, video template, foto, dan sebagainya tinggal dicocokkan saja dengan keahlian yang kamu miliki karena semuanya memiliki platform marketplace tersendiri.

Berjualan barang digital ini dapat menjadi suatu passive income yang menjajikan jika barang / produk yang kamu ciptakan memiliki manfaat yang tinggi. Caranya pun cukup sederhana karena hanya sekali membuat dan memposting di marketplace maka produk kamu sudah bisa dibeli oleh umum di seluruh dunia, passive income pun akan kamu dapatkan, terkecuali produk / barang yang kamu buat berupa code, karena biasanya harus melakukan update maupun bug-fixing seiring perkembangan teknologi.

Internet Marketing

Dunia Internet Marketing ini mempunyai cakupan yang cukup luas. Jika kamu adalah pemula mungkin akan bingung bagaimana caranya sebuah blog dapat menghasilkan uang? Oke kamu tahu mungkin mereka membuat layanan pasang iklan sebagai sumber penghasilan mereka, tapi darimana mereka mendapatkan sang pemasang iklan?

internetmarketing

Nah untuk kalian yang suka menulis di internet atau istilah lainnya yaitu blogging dapat memanfaatkan platform Ads Network untuk mendapatkan penghasilan, ada berbagai macam Ads Network di internet, namun yang paling terkenal yaitu Google Adsense. Untuk dapat menampilkan iklan dari google adsense, blog / website kamu harus memiliki kualitas yang bagus, karena untuk menjadi “publisher iklan” (istilah yang dipakai untuk orang yang menampilkan iklan) website / blog kamu akan diseleksi oleh staff dari google adsense. Namun jika sudah diterima kamu bisa menampilkan iklan mereka ditempat tertentu pada website / blog kamu dan setiap klik pada iklan itu akan memberikan penghasilan buat kamu. Tapi jangan coba-coba curang dengan mengklik iklan sendiri, karena mereka memiliki sistem yang dapat mendeteksi kecurangan tersebut, jika kamu diketahui melakukan kecurangan maka wesbite / blog kamu akan dibanned (hapus) dari sistem mereka. Ads network selain AdSense yang juga terkenal yaitu seperti infolinks, adcash popads dsb

Selain bermain di Ads Network, ada banyak cara lainnya untuk menghasilkan uang dengan internet marketing. Affiliate marketing adalah salah satu cara lain yang juga banyak diminati oleh para penggiat bisnis online (internet marketing). Affiliate Marketing adalah pemasaran yang kamu lakukan dengan mempromosikan produk orang lain, jika terjadi penjualan maka kamu akan mendapatkan sejumlah komisi sesuai ketentuan yang berlaku. Program Affiliate Marketing banyak disediakan oleh E-Commerce dari luar negeri, seperti Amazon dan Clickbank. Produk dari 2 website tersebut umumnya yang dipakai oleh para marketer dalam dunia Affiliate Marketing.

Jualan Online

Kamu yang mempunyai modal, bisa mencari barang murah di pusat grosir ataupun mengimpornya langsung dari cina melalui alibaba / aliexpress, kemudian menjual kembali secara online. Namun perlu dipelajari lebih dahulu sebelum kamu membeli suatu produk untuk dijual kembali, karena jika barang yang kamu akan jual ternyata tidak memiliki nilai unik dan telah ada yang menjual dengan harga murah maka kemungkinan produk kamu tidak akan mendapatkan penjualan yang baik. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk kamu diantaranya dengan posting di marketplace ternama seperti kaskus, bukalapak, ataupun tokopedia. Posting di social media juga merupakan salah satu cara yang harus kamu coba dalam menjual produk.

skiniklan copy

Contoh banner jualan online yang saya buat 2 tahun lalu

Jangan khawatir bagi kamu yang tidak memiliki modal, jualan online bisa dilakukan dengan nol rupiah, karena kini banyak produk yang menerima sistem dropship. Apa itu dropship? saya jelaskan secara singkat saja dropship ini hampir sama dengan affiliate, bedanya di dalam dropship, kamu bisa menjual barang dengan nama pengirim brand yang kamu miliki. Tersedia juga platform yang memang diperuntukkan bagi para Dropshipper (Orang yang menjual dengan Dropship) seperti supplier.id dan cakning.com, di website tersebut terdapat berbagai macam produk yang dapat kamu jual kembali dengan sistem dropshipping. Untuk kamu yang berjiwa kreatif juga bisa memadukan produk digital yang kamu buat menjadi produk fisik, misalnya dengan mendesign gambar kemudian dicetak ke dalam kaos dengan layanan yang disediakan oleh tees.co.id

 

Semua cara diatas telah saya coba lakukan dan website ini juga merupakan upaya saya sebagai mahasiswa untuk mencari uang tambahan melalui internet. , Walaupun bid yang saya ajukan belum pernah diterima di situs crowdsourcing manapun, menurut saya bekerja freelance melalui situs platform crowdsourcing merupakan cara yang paling nyaman untuk menambahkan penghasilan dibandingkan harus bekerja part-time di suatu perusahaan. Namun menyelami dunia Internet Marketing adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan passive income. Jadi bagi kamu yang masih menggunakan internet untuk sekedar main social media saja ataupun mencari informasi untuk memenuhi tugas kuliah, sadarilah bahwa internet bisa kalian manfaatkan sebagai lahan mencari uang tambahan bahkan dijadikan untuk pekerjaan utama.

Leave a Reply