Ini dia 5 Repository terbuka tempat mencari referensi tulisan ilmiah

Kemarin saya lagi nyari referensi buat tugas museologi, googling sana sini malah dapet referensi yang bersumber dari salah satu institutional repository universitas di indonesia.Apa sih repository? sepenalaran saya institutional repository itu kaya suatu tempat pendataan / gudang tulisan ilmiah dari suatu universitas yang merupakan karya akademisi universitas tersebut.

Setelah referensi yang  saya cari sudah terkumpul saya malah jadi tertarik sama repository ini, saya browsing macem-macem tulisan ilmiah yang ada di situs repository itu, ada banyak tulisan ilmiah kaya seperti skripsi, jurnal, tesis, dan bahkan disertasi saat saya buka tulisan ilmiah itu yang ternyata tidak dikunci dan dapat diakses keseluruhan dokumen dengan lengkap saya bisa liat isi tulisan ilmiah itu. Saya browsing banyak kategori di situs itu, sudah cukup saya browsing saya malah penasaran sama domain repository, akhirnya saya iseng nyari repository univ lain di google karena kemungkinan besar kalau memakai domain repository pasti ke index sama google dengan keyword yang sama dengan domain, hasilnya saya dapat banyak situs repository berbagai universitas di indonesia, beberapa ada yang bisa diakses dan dibuka langsung file lengkapnya dan ada juga yanng harus login dulu.

Nah, saya bakal ngeshare 5 situs institutional repository terbuka. Disini kamu bisa cari banyak tulisan ilmiah yang bisa diakses serta didownload untuk dijadikan bahan referensi tugas-tugas kamu.

  1. http://repository.uinjkt.ac.id – Repository Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  2. http://repository.usu.ac.id/ – Repository Universitas Sumatera Utara
  3. http://repository.unhas.ac.id – Repository Universitas Hasanuddin
  4. http://eprints.uny.ac.id – Repository Universitas Negeri Yogyakarta
  5. http://lib.unnes.ac.id – Repository Universitas Negeri Semarang

Situs repository yang pertama kali saya temukan yaitu http://repository.usu.ac.id/ yang merupakan situs repository terbuka milik universitas sumatera utara, mungkin kalau yang saya temukan pertama situs repository tertutup mungkin saya akan berfikiran bahwa semua situs repository tertutup dan tidak dapat diakses dengan bebas. Semoga kamu dapat menemukan referensi yang cocok untuk tugas kamu dari situs repository yang saya share diatas.

 

 

Leave a Reply