Contoh lembar tugas mandiri MPKTA

Sekitar dua minggu yang lalu saya dapat tugas untuk merangkum salah satu bab dari buku karya Bagus Takwin dkk, ya harusnya hanya rangkuman biasa namun saya salah mengintrepertasikan tugas tersebut dan jadilah saya membuat lembar tugas mandiri.

Karena saya mengira tugasnya harus dibuat kebentuk LTM maka hal yang pertama saya lakukan adalah googling tentang LTM ini karena masih belum begitu paham, saya menemukan beberapa blog yang menyajikan LTM, setelah saya pelajari dengan seksama kemudian saya langsung membuat LTM sesuai dengan materi yang diberikan yang dapat kamu lihat dibawah ini.


LEMBAR TUGAS MANDIRI

Judul               : “Kekuatan dan Keutamaan Karakter”

Pengarang       : Bagus Takwin

Data Publikasi : Kekuatan dan Keutamaan Karakter, Filsafat, Logika, dan Etika, Bagus Takwin
dkk, 2015

Dalam hidup ini kita akan menemui berbagai manusia yang memiliki karakter berbeda, tidak jarang perbedaan karakter tersebut menimbulkan konflik dalam kehidupan kita. Seringkali juga kita menghakimi orang lain walaupun baru mengenalnya dalam waktu yang singkat padahal menurut ahli psikologi kita dapat memahami orang lain hanya jika keseluruhan hidup orang tersebut telah kita teliti, diamati, dan orang tersebut bersedia berkontribusi dalam proses penilaiannya sendiri. Pada artikel yang ditulis oleh Bagus Takwin yang berjudul “Kekuatan dan Keutamaan Karakter” akan diuraikan tentang pengertian karakter yang perlu kita pahami.

Pembentukan karakter merupakan hal yang penting dalam pendidikan karena tujuan pendidikan adalah pembentukan watak dan karater serta merupakan kunci dari kemajuan dan pembangunan bangsa. Untuk membentuk karakter yang kuat, orang perlu menjalani serangkaian proses pembelajaran. Karakter dapat diidentifikasi melalui pengenalan terhadap ciri-ciri keutamaan yang tampil dalam perilaku secara umum dari orang itu. Karakter dibedakan menjadi 3 yaitu keutamaan, kekuatan, dan tema situasional. Beberapa Kriteria dari karakter yang kuat yaitu, diwadahi oleh kerangka pikir yang ideal, tidak mengganggu dan menghambat orang lain, memberikan pembentukan kehidupan yang baik bagi diri sendiri dan lingkungannya. Terdapat 6 kategori keutamaan karakter yaitu, Kognitif: Kebijaksanaan dan Pengetahuan, Interpersonal: Kemanusiaan, Emosional: Kesatriaan, Kewarganegaraan: Berkeadilan, Menghadapi hal yang tak menyenangkan: Pengelolaan diri, Spiritiual: Transedensi.

Pembentukan Karakter ini dapat membantu kita menuju kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik bagi diri sendiri ataupun lingkungan kita. Dengan memahami kekuatan dan keutamaan karakter, kita diharapkan dapat memaknai segala tindakan yang kita lakukan, mengetahui kekuatan tertinggi yang kita miliki sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal serta dapat digunakan untuk melayani suatu hal yang lebih besar dari diri sendiri. Jika pendidikan mengutamakan pembentukan karakter dalam proses pembelajaran, maka peserta didik dapat lebih bermanfaat lagi bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.


 

Saya sebenarnya masih tidak tahu apakah LTM tersebut sudah benar atau masih mempunyai kesalahan, karena hasil koreksi tugas tidak diumumkan dan tugas memang seharusnya hanya dibuat rangkuman bukan LTM jadi mungkin salah atau benar LTM yang saya  buat tidak terlalu dipermasalahkan. Namun menurut saya pribadi sih sudah sesuai karena paragraf pertama saya telah memberikan pendahuluan atau pembuka, pada paragraf kedua sudah saya uraikan dengan singkat materi yang ditentukan, kemudian pada paragraf ketiga berisi kesimpulan dari materi tersebut.

Leave a Reply