Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja

Terasa sekali bahwa pencapaian bulan juli di tahun ini sedikit timpang dengan pencapaian bulan juli tahun lalu, ketimpangan ini mungkin disebabkan berbagai macam faktor yang membedakan, contohnya tahun lalu saya masih berstatus sebagai karyawan yang sangat senang mendapatkan THR pertama kali, namun sekarang saya hanyalah seorang pengangguran yang kerjaannya tidur-tiduran nonton film, nonton ancient alien, nonton yutub dll dll yang kurang bermanfaat. Tentu kini hal itu saya sadari sangat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain, seharusnya mungkin saya bisa meningkatkan skill atau memberikan manfaat untuk orang lain. Terlepas dari itu semua memang saya masih melakukan rutinitas sebagai seorang pedagang online dan akademisi yang sedang libur. Saya merasa produktifitas saya berkurang di bulan ini bahkan di tahun ini. Kalaupun produktifitas saya mungkin tidak menurun seperti yang saya pikirkan, namun suatu kepastian yang saya percaya bahwa jika ternyata ada peningkatan pada produktifitas kerja saya pasti sangat kecil. Bukan ingin menjadi orang yang tidak bersyukur, hasil apapun yang saya dapatkan selalu saya coba untuk syukuri, tapi peningkatan produktifitas kerja tentu diperlukan seiring umur kita bertambah. Oleh karena itu saya melakukan berbagai cara untuk memacu motivasi diri sebagai upaya peningkatan produktifitas kerja. Cara-cara ini merupakan opini pribadi hanya berdasarkan pengalaman saya tanpa dilandasi riset atau penelitian ilmiah dan sebagainya.

berdoa

Cara pertama yang harus dilakukan adalah berdoa. Sebagai seorang makhluk yang sadar akan kehadiran sang pencipta. Tentu ketika kita mempunyai keinginan terhadap apa yang ingin kita lakukan sebaiknya diawali dengan berdoa, karena hanya dengan kuasaNya kita dapat mewujudkan apa yang ingin kita lakukan. Bagi saya doa akan memberikan kekuatan tambahan ketika motivasi dalam diri kita sedang melemah.

bernyanyi

Cara kedua adalah bernyanyi. Bernyanyi merupakan salah satu metode untuk mengurangi tingkat tekanan dalam diri kita, bernyanyi tidak harus di tempat-tempat karaoke, setel saja lagu favorit dan gunakan aplikasi yang dapat menampilkan liriknya kemudian nyanyikan sesuka hati.

menulis

Cara ketiga adalah menulis. Seperti yang saya lakukan saat ini yaitu menulis artikel ini. Menulis bagi saya selain berguna untuk memotivasi diri juga merupakan kegiatan untuk memacu kreativitas. Menulis tidak harus terstruktur, menulis tidak harus dipublikasikan, menulislah apa adanya, yang penting kamu menulis apa yang ingin kamu tulis, jangan paksa diri kamu ketika motivasi sedang lemah untuk menulis hal-hal yang berat apalagi bersifat ilmiah. Tulis dengan media apa saja yang kamu inginkan, bisa diatas kertas, mengetik di komputer atau bahkan menggunakan mesin tik untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

jangkau

Cara  keempat adalah menjangkau orang-orang hebat. Hal yang pertama kali sering saya lakukan ketika membuka browser adalah membuka facebook. Facebook merupakan media termudah yang dapat digunakan untuk mengenal dan mengetahui berita-berita terbaru dari orang-orang hebat. Dalam facebook saya banyak berteman dengan orang-orang yang saya anggap hebat dari berbagai bidang. Memang saya tidak secara langsung mengenal mereka namun, umumnya saya sering menambahkan teman-teman yang ingin saya dapatkan ilmunya, misalnya saya menambahkan teman seorang musisi ataupun programmer, dengan melihat status yang mereka buat yang terkait dengan bidang yang mereka tekuni, saya mendapatkan sedikit ilmu secara tidak langsung tanpa harus bergelut di bidang mereka. Menjangkau orang hebat merupakan cara yang cukup ampuh, biasanya ketika saya sedang bermalas ria dan tiba2 melihat / membaca sesuatu yang menurut saya hebat, energi positif dari kehebatan itu terasa menular ke diri saya. Selain facebook tentu saja masih banyak media lainnya untuk menjangkau orang hebat seperti dengan mengikuti komunitas tertentu dan sebagainya.

berbagi manfaat

Cara kelima adalah menyebarkan manfaat. Menyebarkan ilmu, berbuat kebaikan, membantu sesama, berbagi merupakan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menyebarkan manfaat. Dengan menyebarkan manfaat kamu akan menyadari betapa-berharganya-dirimu-dan-seharusnya-bisa-lebih-dari-sekedar-bermalas-malasan, kamu akan sadar bahwa sebenarnya kamu sangat merugi jika tidak menjadi figur yang produktif, dan yang lebih penting jika kamu menyebarkan manfaat kamu akan menyadari bahwa yang ada dalam dirimu itu entah itu ilmu, kemampuan dsb mempunyai kelebihan dibanding orang lain sehingga membuat kamu merasa lebih bersyukur.

Sebenarnya ada banyak cara lain yang dapat kamu lakukan selain cara yang saya sampaikan diatas. Saya sendiri tidak hanya terpaku pada cara-cara diatas. Adapun hasil yang akan kamu dapatkan tergantung dari seberapa besar kamu ingin meningkatkan produktifitas kerja. Jika sudah mencapai peningkatan yang kamu inginkan, jangan lupa untuk istirahat dan memberikan penghargaan kepada diri sendiri, perlu diingat kita bukan lah mesin, robot ataupun server yang dapat berkerja secara 24 jam, server pun pasti  ada maintainancenya, begitu juga dengan kita yang hanya seorang manusia, upayakanlah agar semuanya seimbang 🙂

 

Seluruh gambar diambil dari freepik.com dan flaticon.com dengan pengubahan seperlunya.

Leave a Reply