Cara mengetahui di website mana iklan Adwords kamu tampil

Tahu enggak? Pasti nggak┬átahu makanya kamu cari ini. Saya juga tadinya enggak. Enggak tahu gimana caranya biar tau website mana yang nampilin iklan adwords saya. Lalu setelah googling2 dengan keyword “how to know which website show my adword” akhirnya jadi tau deh. Sedikit cerita mengenai pekerjaan saya. Kalo bakal jadi banyak juga gapapa ya ceritanya. Sudah dari bulan september 2017 saya bekerja di perusahaan e-commerce di bilangan jakarta utara. Disini saya menangani Magento kalo ada yang mudah diperbaiki, kalau sulit maklum saja saya memang bukan programmer handal masih amatiran. Melalui pekerjaan ini adalah kali pertama saya ‘dipaksa’ menggunakan Magento. Panjang kalau mau cerita ini sih, karena bukan itu tujuannya dan agar tulisan ini tetap relevan langsung saja ya ke topik utama.

Berawal dari percakapan singkat, “Jazmi, kayaknya ga mau iklannya ditampilin di web berita semacam Det*k.com deh, disana kurang relevan sama produk2 kita, bisa tolong diaturin gitu.”

“Siap, pak! saya bisa segalanya!” Pikir saya. Hanya di pikiran. Sebenernya mah, “Oh, iya pak saya pernah tau tuh, di google adwords kita emang bisa nyesuain di web mana aja iklan ini bisa tampil dan ada web yang bisa kita exclude.”

“Iya, jazmi. kamu aturin deh, orang paling bakal ngeklik dari portal2 berita santai aja,” Ujar pak bos. Aku sih nurut aja.

Saya akhirnya mulai mengingat2 kembali. Namun, tetap tidak ingat! yasalam. Untung ada google, jadilah saya cari dengan keyword yang udah saya tulis diatas. Di halaman pertama saya langsung dapat sebuah laman yang menjelaskan dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Langkah pertama adalah membuka campaign di akun adwords kamu. Disini saya masih menggunakan UI adwords versi lama, karena yang baru masih beta dan sepertinya banyak bug.

Setelah membuka tab campaign, klik tab display network.

display network

Jika kamu telah memijit tab display network maka akan terlihat hasilnya seperti ini

cara tahu di website mana iklan adwords kamu tampil

Kwewrwewn. kamu sekarang udah tau deh dimana aja iklan adwords kamu udah tampil, berapa kali, berapa klik, ukuran2 ini nanti bisa kamu analisa untuk bikin campaign selanjutnya yang makin ok.

Nah, kalo diliat dari tugas saya masih nyisa gimana cara exclude url yang dimnta pak bos itu, kan? nantikan di post selanjutnya ya. Udah mau pulang kerja nih.

Ini sebenernya tulisan spontan karena saya dari dulu pengen banget berbagi, tujuannya selain berbagi biar makin nempel ilmunya di otak dan tidak mudah dilupakan. Semoga akan banyak tulisan-tulisan lain setelah ini atau bahkan screencast dan podcast!

Leave a Reply