Biasakan menggunakkan cloud storage dari sekarang

Apa sih itu cloud storage? mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal cloud storage, saya definisikan secara sederhana aja ya, cloud storage yaitu tempat penyimpanan data digital yang ditempatkan pada server lain yang dapat terhubung melalui internet dari perangkat yang tersedia, seperti PC Desktop, Notebook, dan Smartphone yang dapat diakses melalui aplikasi standalone ataupun web based. Sederhananya lagi Cloud Storage itu semacam hard disk yang dapat di akses dan terhubung melalui internet. Jadi dengan memakai cloud storage, kamu bisa menyimpan, mengedit, atau menghapus data file yang tersimpan dalam akun cloud storage yang kamu miliki dimanapun dan kapanpun yang kamu mau asalkan tersedia dengan koneksi internet.

cloud-files-kaskus

Cloud Storage biasanya sering digunakan didunia kerja, saya sendiri baru mulai benar-benar memanfaatkan cloud storage setelah kerja, yang digunakan untuk bertukar file tentang pekerjaan, pada saat itu saya menggunakan DropBox, salah satu penyedia Cloud Storage yang banyak dipakai. Cloud storage sangat membantu dalam proses pemindahan data, kita dapat membagikan folder dalam akun kita dengan orang lain yang kita kehendaki, sehingga tidak perlu melakukan pemindahan manual seperti menggunakan flashdisk atau mengirim dan mengupload ulang melalui email yang tentunya kedua hal tersebut akan memakan waktu lebih lama.

Dengan menyimpan file di Cloud Storage, kamu telah menjaga file kamu dari hal yang tidak diinginkan seperti, ancaman terkena virus, kerusakan harddisk, kehilangan perangkat (NoteBook / SmartPhone). Cloud Storage merupakan solusi terbaik untuk penyimpanan data di masa kini, tentunya kamu tidak mau begitu saja kehilangan file yang telah kamu buat karena sesuatu yang tidak kamu kehendaki. Contohnya kehilangan data skripsi, banyak mahasiswa masih awam dengan cloud storage, sehingga membiarkan file skripsi mereka disimpan ke dalam local storage yang mereka miliki tanpa menyadari bahaya yang dapat terjadi dikemudian hari, dengan menyimpan di cloud storage jika kamu kehilangan laptop alat kamu membuat skripsi,  maka kamu tetap dapat mengakses file tersebut di perangkat lainnya.

Berikut ini saya berikan beberapa penyedia cloud storage yang pernah saya gunakan dan memiliki layanan gratis ataupun berbayar untuk kapasitas yang lebih besar.

1. Google Drive

drive

Google Drive merupakan layanan Cloud Storage yang dimiliki Google. Memiliki kapasitas sebesar 15GB untuk akun gratis, Google Drive dapat diakses melalui berbagai perangkat dengan Web based ataupun Software/Aplikasi. Tersedia layanan berbayar untuk kapasitas yang lebih besar bisa kamu cek sendiri disini pricing. Saya sendiri sampai saat ini menggunakan Google Drive sebagi tempat penyimpanan utama dokumen-dokumen yang penting. Menurut saya Google Drive merupakan pilihan yang tepat terutama bagi pengguna android dan layanan google lainnya, kemudahan akses yang diberikan oleh Google sehingga cukup sekali login akun, maka akan langsung terhubung ke semua layanan.

2. Dropbox

cloud-storage-dropbox

Merupakan Cloud Storage yang pertama saya pakai dengan aktif, Dropbox hanya memberikan kapasitas 2GB kepada pemilik akun gratis, namun fitur yang diberikan oleh Dropbox sepengetahuan saya lebih baik daripada Google Drive. Dropbox memiliki fitur riwayat file, kita dapat mengetahui apa yang terjadi pada folder/file kita sebelumnya atau mengembalikan data yang sudah terhapus, Fitur ini sangat berguna ketika kita membagikan folder/file yang kita miliki dengan orang lain, sehingga ketika mereka, menambahkan, memindahkan, atau bahkan menghapus suatu file / folder kita dapat mengetahuinya melalui riwayat file tersebut. Dropbox dapat diakses melalui website atau aplikasi yang dapat diunduh pada websitenya. Sama seperti Google Drive, Dropbox juga memberikan layanan akun berbayar yang dapat anda lihat disini

3. OneDrive

cloud-storage-onedrive

Microsoft juga mempunyai layanan Cloud Storage yaitu OneDrive, saya mengetahuinya saat menginstall produk dari microsoft, lalu mencoba menginstall OneDrive, namun saya belum pernah menggunakannya. OneDrive memberikan kapasitas 15GB ke setiap akun gratis. sama seperti penyedia Cloud Storage pada umumnya OneDrive dapat diakses melalui berbagai perangkat. Untuk melihat layanana berbayar yang disediakan OneDrive anda dapat melihatnya disini

cloud-storage-akses-file-dimanapun

Akses file dapat dilakukan dimanapun dengan koneksi internet

Kehadiran teknologi Cloud Storage ini merupakan solusi yang tepat dalam menyimpan file, kemudahan akses yang diberikan membuat aktivitas yang berhubungan dengan penyimpanan, pemindahan, dan pengubahan file menjadi lebih efisien. Sangat disarankan bagi kamu untuk membiasakan memulai menggunakan Cloud Storage untuk menyimpan file yang penting, karena sesuatu yang buruk bisa saja mengakibatkan file anda rusak atau hilang.

Leave a Reply